STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTs ASWAJA TUNGGANGRI KALIDAWIR

SILVINA LUTFI BIDAYATUR ROHMAH, 2811123024 (2016) STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTs ASWAJA TUNGGANGRI KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (140kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Silvina Lutfi Bidayatur Rohmah, NIM. 2811123024 dengan judul “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Tulungagung, Pembimbing Fathul Mujib, M.Ag. Kata kunci: Strategi Guru, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam yang dihadapkan pada zaman modern diantaranya adalah maraknya berbagai macam teknologi yang semakin canggih, secara tidak langsung hal itu dapat mempengaruhi pertumbuhan peserta didik dalam belajar khususnya dalam membaca Al-Qur’an. Di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir terdapat siswa yang masih kurang mampu dalam membaca Al-Qur’an, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor baik intern maupun ekstern. Oleh sebab itu dibutuhkan strategi guru Al-Qur’an Hadits yang memberikan dorongan penuh kepada siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana formulasi strategi yang dibuat guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir?, (2) Bagaimana implementasi strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir?, (3) Bagaimana evaluasi strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir?. Metode penelitian dalam skripsi ini bersifat deskriptif kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: (1) Menyiapkan dan menganalisis materi pelajaran, memilih dan menerapkan strategi pembelajaran, menggunakan metode dan media pembelajaran. Strategi yang diterapkan adalah strategi Expository dan Inquiry, metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, latihan (drill), pemberian tugas dan tutor sebaya serta media pembelajaran yang digunakan adalah media visual dan audiovisual. (2) Pembelajaran cukup lancar karena telah dipersiapkan terlebih dahulu sebelum masuk ke kelas. Langkah-langkah yang dilakukan guru adalah persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. (3) Tetap menggunakan strategi Expository dan Inquiry, namun memilih metode-metode yang dianggap efektif dan efisien dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yaitu metode ceramah, demonstrasi dan tutor sebaya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123024 SILVINA LUTFI BIDAYATUR ROHMAH
Date Deposited: 13 Sep 2016 02:45
Last Modified: 13 Sep 2016 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3809

Actions (login required)

View Item View Item