RINDI NUR FAUZIAH, 12204193178 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INTRUCTION) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMPN 3 NGIMBANG LAMONGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (667kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (785kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (911kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (312kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran PBI (Problem Based Intruction) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Statistika Kelas VIII di SMPN 3 Ngimbang Lamongan” oleh Rindi Nur Fauziah, NIM. 12204193178 yang dibimbing oleh Bapak Beni Asyhar, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: PBI (Problem Based Intruction), Minat, dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena adanya asumsi negatif yang dimiliki siswa mengenai pelajaran matematika. Hal ini menyebabkan rendahnya minat belajar matematika, sehingga hasil belajar matematika juga masih dibawah rata-rata KKM. Dalam hal ini, satu diantara alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah model PBI (Problem Based Intruction). Metode ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjadi penyelidik yang aktif sehingga siswa dapat berpikir tentang masalah dan jenis informasi yang diperlukan untuk memecahkan masalah dari permasalahan dunia nyata sehingga dapat mengikat peserta didik pada rasa ingin tahu dan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran PBI (Problem Based Intruction) terhadap minat belajar siswa pada materi statistika kelas VIII SMPN 3 Ngimbang Lamongan; 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran PBI (Problem Based Intruction) terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika kelas VIII SMPN 3 Ngimbang Lamongan; dan 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran PBI (Problem Based Intruction) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi statistika kelas VIII SMPN 3 Ngimbang Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Quasi Eksperimen dengan model desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 3 Ngimbang Lamongan. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Angket; 2) Tes; dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji independent sampel t-test dan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran PBI (Problem Based Intruction) terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Ngimbang Lamongan.; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran PBI (Problem Based Intruction) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Ngimbang Lamongan.; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran PBI (Problem Based Intruction) terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Ngimbang Lamongan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1313030080 OK PRINT |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 01:54 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 01:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38096 |
Actions (login required)
View Item |