YENI RAHMAWATI, 12401193129 (2023) IMPLEMENTASI MUAMALAT DIGITAL ISLAMIC NETWORK (DIN) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN JASA KEPADA NASABAH DI BANK MUAMALAT INDONESIA KCP TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (756kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (274kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Muamalat Digital Islamic Network (DIN) dalam Meningkatkan Pelayanan Jasa Kepada Nasabah di Bank Muamalat Indonesia KCP Tulungagung” ini ditulis oleh Yeni Rahmawati, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, NIM 12401193129, Pembimbing Syamsul Umam, S.H.I., M.H. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembangnya teknologi informasi yang mengakibatkan khususnya dunia perbankan berlomba-lomba dalam meningkatkan pelayanannya. Hal ini juga dilakukan oleh Bank Muamalat Indonesia KCP Tulungagung untuk mempermudah penggunanya dalam bertransaksi dengan penggunaan Muamalat DIN. Keberagaman fitur yang dimiliki Muamalat DIN merupakan salah satu hal yang sangat mempengaruhi terjadinya peningkatan pelayanan jasa. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini yakni: (1) Bagaimana implementasi Muamalat Digital Islamic Network (DIN) di Bank Muamalat Indonesia KCP Tulungagung? (2) Apakah pelayanan jasa di bank meningkat setelah diterapkannya Muamalat Digital Islamic Network (DIN) (3) Bagaimana kendala penggunaan Muamalat Digital Islamic Network (DIN) di Bank Muamalat Indonesia KCP Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun jenis dari penelitian ini yakni, penelitian studi kasus yang dilakukan dengan meneliti objek secara langsung. Data yang digunakan di dalam penelitian ini yakni data primer dan data sekunder. Adapun data primer diperoleh dari lembaga kemudian diambil dan diolah sendiri oleh peneliti secara langsung, sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal, skripsi dan buku. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data yang diperoleh, display atau penyajian data, melakukan verifikasi atau menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian yang diperoleh yakni sebagai berikut: 1) Implementasi Muamalat DIN pada Bank Muamalat Indonesia KCP Tulungagung terdapat beerbagai macam fitur finansial yang memungkinkan nasabah bertransaksi dengan mudah tanpa harus datang ke bank, selain itu juga terdapat fitur non finansial untuk memudahkan pengguna untuk mengetahui berbagai produk Bank Muamalat, lokasi ATM dan kantor cabang dan konten islami. 2) Pelayanan jasa di Bank Muamalat Indonesia KCP Tulunggagung meningkat dengan adanya Muamalat DIN ini, karena nasabah diberi kemudahan dan kenyamana seperti syarat yang lebih mudah, waktu yang lebih praktis dan biaya yang lebih irit. 3) Kendala dalam penggunaan Muamalat DIN yang sering dialami bank yaitu data nasabah yang bermasalah, banyaknya nasabah yang masih awam dengan teknologi dan perangkat yang kurang mendukung. Sedangkan kendala yang dialami oleh pengguna (user) meliputi kendala jaringan dan kendala salah transfer.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bank Syariah Ekonomi > Nasabah Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 1313030080 OK PRINT |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 04:22 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 04:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38119 |
Actions (login required)
View Item |