ANCHELLA RIZQIANY, 12204183210 (2023) PENGARUH PEMBERIAN SCAFFOLDING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTSN 1 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK TIGA BAHASA.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (200kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Scaffolding Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Anchella Rizqiany, NIM 12204183210, Pembimbing Miswanto, M. Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Scaffolding, Bangun Ruang Sisi Datar. Fenomena kurangnya minat belajar matematika siswa menyebabkan hasil pembelajaran kurang maksimal. Hal ini disebakan karena pembelajaran matematika di sekolah masih menggunakan metode ceramah dan penugasan. Hal ini menyebabkan siswa kurang antusias saat guru menyampaikan materi pembelajaran sehingga siswa akan cenderung pasif. Oleh karena itu pendidik harus mengubah model pembelajaran agar dapat menarik minat dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Salah satunya yaitu Model Pembelajaran Scaffolding. Model Pembelajaran Scaffolding adalah pemberian bantuan kepada siswa sselama tahap awal pembelajaran dan mengurangi bantuan ketika sudah mampu mengerjakan sendiri. Model Pembelajaran Scaffolding ini dapat membantu siswa memahami proses pemecahan masalah yang sistematik dan kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh Scaffolding terhadap minat belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh Scaffolding terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Blitar. (3) Untuk mengetahui besar pengaruh Scaffolding terhadap minat belajar dan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Scaffolding dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat belajar dan hasil belajar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 1 Blitar dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII-7 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 dan kelas VIII-9 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji Analysis Varians Multivarians (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh signifikan mengenai penerapan model pembelajaran Scaffolding terhadap minat belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Blitar. (2) Ada pengaruh signifikan mengenai penerapan model pembelajaran Scaffolding terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Blitar. (3) Ada pengaruh signifikan mengenai penerapan model pembelajaran Scaffolding terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Ruang |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183210 Anchella Rizqiany |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 03:41 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 03:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38168 |
Actions (login required)
View Item |