PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN DI KELAS VII MTsN 7 TULUNGAGUNG

ISNANI NUR SYIYAM, 12208193006 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN DI KELAS VII MTsN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (802kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Poster Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Di Kelas VII MTsN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Isnani Nur Syiyam, NIM. 12208193006, Prodi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing : Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci : Kooperatif, Group Investigation, Poster, Motivasi, Hasil Belajar. Model pembelajaran merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran langsung dengan metode ceramah yang digunakan terutama pada materi IPA cenderung membuat siswa pasif dan kesulitan memahami materi yang disampaikan oleh guru. Perlu adanya model pembelajaran yang aktif dan berpusat pada siswa seperti model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan media poster. Model kooperatif tipe group investigation membuat siswa terlibat dari awal hingga akhir pembelajaran melalui diskusi kelompok. Media poster digunakan sebagai sarana guru menyampaikan pembelajaran melalui gambar dua dimensi dengan warna yang kontras, desain bervariasi, sedikit tulisan dan di cetak dengan kertas serta memiliki tujuan yang sesuai dengan materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan media poster terhadap motivasi belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di kelas VII MTsN 7 Tulungagung, (2) mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan media poster terhadap hasil belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di kelas VII MTsN 7 Tulungagung, dan (3) mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan media poster terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di kelas VII MTsN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasy eksperimen) dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Jumlah populasi sebanyak 266 siswa dipilih secara simple random sampling. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 37 dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah 38 siswa. Instrumen penelitian angket motivasi belajar dan tes hasil belajar dinyatakan valid dan reliabel. Uji prasyarat menggunakan uji independent sample t-test dan uji Man Whitney. Uji hipotesis menggunakan uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian ini meliputi (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan media poster terhadap motivasi belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di kelas VII MTsN 7 Tulungagung yang ditunjukkan dengan hasil uji IndependenT Sample T-Test sebesar 0,000 <0,05, (2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan media poster terhadap hasil belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di kelas VII MTsN 7 Tulungagung yang ditunjukkan dengan hasil uji Man Whitney sebesar 0,000 < 0,05 dan (3) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan media poster terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di kelas VII MTsN 7 Tulungagung yang ditunjukkan dengan hasil uji Kruskal Wallis sebesar 0,000 <0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Dwiyanti Reni
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:17
Last Modified: 04 Aug 2023 08:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38196

Actions (login required)

View Item View Item