DWITA INDRIYANI, 12402193001 (2023) PENGGUNAAN WEBSITE “PASARDESO” SEBAGAI PENDUKUNG PEMASARAN PRODUK UMKM BUM DESA (Studi pada BUM Desa Pengguna Website “PasarDeso” Naungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (558kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (336kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penggunaan Website “PasarDeso sebagai Pendukung Pemasaran Produk UMKM Desa (Studi pada BUM Desa Pengguna Website “PasarDeso” naungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Dwita Indriyani, NIM. 12402193001, pembimbing Bapak Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. Perkembangan teknologi di era 4.0 bergerak semakin massif. Adanya hal tersebut juga berdampak pada perkembangan model usaha di sektor perdagangan. Untuk menghadapi tantangan usaha diperlukan adanya platform untuk mewadahi jual beli produk UMKM desa. Hal ini digunakan untuk mengangkat dan mengenalkan potensi dan produk UMKM desa menjadi branding tiap-tiap daerah. Produk UMKM desa sangat berpotensi untuk dikembangkan dengan optimalisasi di bidang marketing dan branding. Produk UMKM ini ditekankan dalam pengoptimalan Sumber Daya Alam daerah dan potensi-potensi yang ada. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tulungagung menanggapi hal tersebut dengan meluncurkan Website “PasarDeso” pada 2020. Website ini dimanfaatkan sebagai media pemasaran produk UMKM desa dan dibantu oleh BUM Desa sebagai perantara pemasaran antara pembeli dan UMK. Namun dalam operasionalnya diperlukan evaluasi terus-menerus dalam mengoptimalkan fungsi website tersebut sehingga dapat mencapai tujuan utama yang telah direncanakan. Penelitian ini membagi pembahasan menjadi tiga dua bagian yaitu: penggunaan website “PasarDeso” dalam pemasaran produk UMKM desa dan faktor pendukung dan penghambat penggunaan website “PasarDeso” dalam pemasaran produk UMKM desa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif fenomenologi dengan memanfaatkan data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui teknik pengambilan data wawancara. Teknik pengecekan keabsahan dan keaslian data menggunakan triangulasi dan dipaparkan transkrip wawancara bersama informan. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa penggunaan website “PasarDeso” dapat meningkatkan pendapatan rata-rata BUM Desa pengguna website tersebut. Menurut dokumentasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tulungagung pada tahun 2021 sebesar Rp67.800.022 telah mengalami kenaikan pada tahun 2022 sebesar 6,4% menjadi Rp72.432.479. Adanya hal tersebut mencerminkan bahwa website “PasarDeso” memiliki citra positif di tengah masyarakat. Selain itu, ditemukan faktor pendukung dan penghambat penggunaan website “PasarDeso” dalam upaya pemasaran produk UMKM desa. Kata Kunci: penggunaan, pemasaran digital, produk UMKM desa, website
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | S1 12402193001 DWITA INDRIYANI |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 07:42 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 07:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38198 |
Actions (login required)
View Item |