PENGARUH KEMAMPUAN TPACK TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PAI ANGKATAN 2019

ALFI LAILATUL FITROH, 12201193338 (2023) PENGARUH KEMAMPUAN TPACK TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PAI ANGKATAN 2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (665kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (535kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Kemampuan TPACK Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa PAI Angkatan 2019” ini ditulis oleh Alfi Lailatul Fitroh, NIM. 12201193338, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Dr. Hj. Luluk ‘Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata Kunci: Guru PAI, TPACK, Kesiapan Menjadi Guru Perkembangan teknologi digital sangat mempengaruhi kehidupan manusia terutama pendidikan. Dengan perkembangan teknologi mengakibatkan seorang guru ataupun calon guru harus dapat menguasai teknologi digital dalam pembelajaran. Sebagai calon guru PAI di abad ke-21 harus menguasai tiga komponen dalam TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) yakni pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten. Karena tuntutan tersebut kesiapan mahasiswa PAI untuk menjadi guru semakin rendah. Ketidaksiapan mahasiswa PAI menjadi calon guru dikarenakan kurangnya pengetahuan dasar dan selalu muncul paradigma baru yang mengharuskan menjadi guru profesional. Ketidaksiapan ini juga bertambah dengan adanya tuntutan calon guru untuk paham mengenai teknologi.Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) bagaimana kemampuan TPACK pada mahasiswa PAI angkatan 2019?, 2) bagaimana kesiapan menjadi guru pada mahasiswa PAI angkatan 2019?, dan 3) apakah ada pengaruh kemampuan TPACK terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa PAI angkatan 2019?. Tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui kemampuan TPACK pada mahasiswa PAI angkatan 2019, 2) mengetahui kesiapan menjadi guru pada mahasiswa PAI angkatan 2019, dan 3) membuktikan adanya pengaruh kemampuan TPACK terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa PAI angkatan 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal komparatif dengan uji regresi linier sederhana. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 192 responden mahasiswa PAI angkatan 2019. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan instrument angket yang telah melalui uji validitas mengunakan Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Instrumen angket berisi pernyataan mengenai TPACK berdasarkan teori dari Koehler dan kesiapan mahasiswa menjadi guru berdasarkan literatur dari Hani Subakti dengan skala likert 5 kategori. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa TPACK memiliki pengaruh pada kesiapan menjadi guru sebesar 54,3%, sisanya dari variabel lain yang tidak diteliti. Hasil perhitungan secara regresi linier sederhana pengaruh TPACK terhadap kesiapan menjadi guru diperoleh koefisien regresi sebesar 0,207. Pada taraf signifikansi 5%, dapat diketahui thitung=15,025 > ttabel=1,65283 atau dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dari keterangan tersebut diperoleh persamaan regresi linier sederhana Y=37,532+0,207X.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193338 Alfi Lailatul Fitroh
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:33
Last Modified: 19 Sep 2023 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38215

Actions (login required)

View Item View Item