ANALISIS KESULITAN BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR

FARIKHATUL LAILI MAULIDIYA SAFIRA, 12211193008 (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (22MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (12MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Analisis Kesulitan Belajar Fisika Peserta Didik Pada Materi Gelombang di MA Darul Huda Wonodadi Blitar” ditulis oleh Farikhatul Laili Maulidiya Safira, NIM. 12211193008, pembimbing M. Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Gelombang Konteks penelitian dalam penelitian ini adalah guru yang merasa peserta didik mengalami kesulitan saat melakukan proses belajar fisika pada materi gelombang. Guru menganggap materi gelombang merupakan materi fisika yang harus dipahami oleh peserta didik. Guru menganggap materi gelombang merupakan materi yang sulit dipahami peserta didik dikarenakan beberapa hal yaitu peserta didik menganggap terlalu banyak rumus yang harus dipelajari. Maka dari itu, guru harus menggunakan strategi untuk mengatasi kesulitan belajar fisika peserta didik pada materi gelombang. Dalam hal ini peneliti menghubungkan antara kesulitan belajar peserta didik dan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran fisika di kelas XI MIA MA Darul Huda Wonodadi Blitar, (2) Apa faktor kesulitan belajar peserta didik pada konsep gelombang di kelas XI MIA MA Darul Huda Wonodadi Blitar, (3) bagaimana upaya guru fisika mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada konsep gelombang di kelas XI MIA MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran fisika di kelas XI MIA MA Darul Huda Wonodadi Blitar, untuk menjelaskan bentuk kesulitan yang dialami peserta didik pada konsep gelombang di kelas XI MIA MA Darul Huda Wonodadi Blitar, dan upaya guru fisika dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada konsep gelombang di kelas XI MIA MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes dilakukan untuk mengambil 6 peserta didik yang akan dilakukan wawancara dengan mengambil 2 peserta didik nilai tinggi, 2 peserta didik nilai sedang, dan 2 peserta didik nilai rendah. Wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data dengan cara mewawancarai secara langsung dengan peserta didik yang telah dipilih dari tes dan guru fisika. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan informasi dan data dalam bentuk dokumen tertulis seperti arsip, visi misi, dan dokumen lain yang mendukung fakta kejadian di lapangan berkaitan proses pembelajaran, kesulitan belajar peserta didik, dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Dokumentasi juga digunakan sebagai bukti peneliti telah memberikan tes analisis kesulitan belajar peserta didik, wawancara peneliti dengan peserta didik dan guru fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran fisika di kelas XI MIA MA Darul Huda Wonodadi Blitar telah dilaksanakan dengan cukup baik meskipun masih banyak yang perlu ditingkatkan, guru melakukan pembelajaran dengan tidak memberikan gambaran untuk memperkuat penjelasan, guru menjelaskan materi secara singkat dan kurang dipahami, dan guru menerapkan kurikulum K13. Faktor kesulitan belajar peserta didik pada konsep gelombang di kelas XI MIA MA Darul Huda Wonodadi Blitar adalah motivasi belajar peserta didik kurang, minat belajar peserta didik rendah, dan intelegensi. Upaya guru fisika dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di kelas XI MIA MA Darul Huda Wonodadi Blitar dengan melakukan demonstrasi dan melakukan pendekatan secara personal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika > Fisika terapan
Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Fisika > Tekanan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: S1 12211193008 FARIKHATUL LAILI MAULIDIYA SAFIRA
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:33
Last Modified: 09 Aug 2023 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38267

Actions (login required)

View Item View Item