ELOK JAMIL MAUQFIROH AS SYANIAH S, 12205193006 (2023) DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEPEDULIAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI, SUMBERGEMPOL, TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (817kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (252kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kepedulian Sosial Peserta Didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Elok Jamil Mauqfiroh As Syaniah S, NIM 12205193006. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing oleh Muyassaroh, S.S., M.Pd, NIDN 2027118201. Kata Kunci: Dampak Penggunaan Gadget, Kepedulian Sosial Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat sehingga mempermudah segala urusan manusia. Kemudahan teknologi terutama gadget tanpa disadari akan membawa dampak buruk jika digunakan secara berlebihan. Pemanfaatan gadget sebenarnya sangat bergantung pada penggunanya. Jika dimanfaatkan dengan baik, gadget akan mambantu manusia memudahkan urusannya. Sebaliknya, apabila penggunaan gadget disalahgunakan, akan merugikan pengguna itu sendiri. Salah satu kerugian yang ditimbulkan dari kesalahan penggunaan gadget, yaitu hilangnya rasa kepedulian sosial di lingkungan sekitarnya. Manusia akan disibukkan dangan gadgetnya sendiri sehingga mengabaikan orang lain di sekitarnya. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1) bagaiman intensitas penggunaan gadget yang dilakukan peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung?, 2) bagaimana dampak penggunaan gadget terhadap kepedulian sosial peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung?, 3) bagaimana pemanfaatan gadget pada peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung?, dan 4) bagaiman cara mengatasi dampak penggunaan gadget terhadap kepedulian sosial peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan intensitas penggunaan gadget yang dilakukan peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, 2) mendeskripsikan dampak penggunaan gadget terhadap kepedulian sosial peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, 3) mendeskripsikan pemanfaatan gadget pada peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, dan 4) mendeskripsikan cara mengatasi dampak penggunaan gadget terhadap kepedulian sosial peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi yakni penarikan kesimpulan.xviii Hasil penelitian ini adalah: 1) intensitas penggunaan gadget yang dilakukan peserta didik adalah rata-rata lebih dari 2 jam dalam sehari, tetapi ada beberapa yang menggunakan gadget 1 jam dalam sehari. Penggunakan gadget 2 jam lebih atau 1 jam dalam sehari tetap memiliki dampak dalam diri peserta didik. 2) dampak penggunaan gadget terhadap kepedulian sosial peserta didik adalah kurangnya rasa kepedulian sosial yaitu mengindahkan panggilan orang lain, menyepelekan permintaan bantuan orang lain, menyebabkan kurangnya sikap sopan santun, tidak menghormati hak-hak orang lain dan kurangnya mengembangkan sikap demokrasi. 3) pemanfaatan gadget pada peserta didik adalah membantu mengerjakan tugas sekolah, mengikuti perkembangan zaman agar tidak gaptek (gagap teknologi), memudahkan pembelajaran dan mencari informasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta gadget digunakan sebagai hiburan. 4) Cara mengatasi dampak penggunaan gadget adalah orang tua perlu memperhatikan perubahan sikap anak, mengawasi penggunaan gadget, membatasi penggunaan gadget pada anak berkaitan dengan waktu dan juga pengaksesan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205193006 ELOK JAMIL MAUQFIROH AS SYANIAH S |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 07:38 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 07:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38348 |
Actions (login required)
View Item |