PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS III MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR

RIFQI YUSTANTO, 2817123136 (2016) PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS III MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI - RIFQI - BAB 1.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI - RIFQI - BAB 2.pdf

Download (303kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI - RIFQI - BAB 3.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI - RIFQI - BAB 4.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI - RIFQI - BAB 5.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Picture and Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas III MI Darussalam Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Rifqi Yustanto, NIM. 2817123136, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs. H. Timbul, M.Pd.I Kata Kunci: Metode Picture and Picture, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPS dan belum adanya perubahan yang mendukung dalam proses pembelajaran di kelas sehingga diharapkan adanya peningkatan mutu dan kualitas pembelajaran. Salah satunya adalah perubahan metode pembelajaran yang lebih menarik bagi peserta didik sehingga dapat memunculkan minat belajar pada peserta didik. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan metode picture and picture. Penggunaan metode picture and picture dalam proses belajar mengajar diharap dapat membantu pemahaman peserta didik dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPS, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana langkah- langkah penerapan metode picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi lingkungan alam dan buatan pada peserta didik kelas III MI Darussalam Wonodadi Blitar? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan metode picture and picture pada mata pelajaran IPS materi lingkungan alam dan buatan pada peserta didik kelas III MI Darussalam Wonodadi Blitar? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan langkah- langkah penerapan metode picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi lingkungan alam dan buatan pada peserta didik kelas III MI Darussalam Wonodadi Blitar. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan metode picture and picture pada mata pelajaran IPS materi lingkungan alam dan buatan pada peserta didik kelas III MI Darussalam Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Darussalam Wonodadi Blitar. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan 1) Penerapan metode picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar IPS dengan tahap-tahap sebagai berikut: (a) Penyampaikan kompetensi yang akan dicapai. (b) Penyajikan materi sebagai pengantar. (c) Penunjukkan atau memperlihatkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi. (d) Pemanggilan peserta didik untuk memasang gambar-gambar sesuai dengan klasifikasinya. (e) Menanyakan alasan dari pemasangan gambar tersebut. (f) Menanamkan konsep atau materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. (g) Kesimpulan. 2) Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode picture and picture. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada pre test, post test siklus I, sampai post test siklus II. Hal tersebut dapat diketahui dari rata-rata kelas nilai peserta didik 59,25 (pre test), meningkat menjadi 69,4 (post test siklus I), dan meningkat lagi menjadi 87,05 (post test siklus II). Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas III materi lingkungan alam dan buatan MI Darussalam Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123136 Rifqi Yustanto
Date Deposited: 16 Sep 2016 07:47
Last Modified: 16 Sep 2016 07:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3837

Actions (login required)

View Item View Item