PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BERMORAL PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG

VERA SESIKA VIVIANA, 12201193068 (2023) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BERMORAL PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (562kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Viviana, Vera Sesika. 2023. Penerapan Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Bermoral Peserta Didik Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tulungagung. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Hasanal Khuluqi, S. Ud., M. Ag. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Pembelajaran Akidah Akhlak, Karakter Bermoral. Pendidikan memiliki peranan yang sangat besar untuk mempersiapkan karakter manusia baik dalam menghadapi tantangan global, menghadapi permasalahan pada lingkup keluarga maupun masyarakat salah satunya diranah akidah maupun akhlak. Mata pelajaran Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter bermoral peserta didik sangat diperlukan karena akan melahirkan generasi yang bermoral, berkepribadian dan berpengetahuan sesuai dengan peraturan agama Islam. MTsN 4 Tulungagung merupakan salah satu madrasah/sekolah yang membentuk generasi atau anak bangsa yang memiliki karakter bermoral demi kebutuhan diri peserta didik saat ini maupun kehidupan kedepannya. MTsN 4 Tulungagung memperhatikan hal tersebut dengan diterapkannya metode demonstrasi dalam pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk karakter moral yang baik dan benar sesuai dengan syariat. Oleh karena itu peneliti ingin mengkaji lebih lanjut tentang Penerapan Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Bermoral. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter bermoral peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung? (2) Bagaimana penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter bermoral peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter bermoral peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung?. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsiskan perencanaan penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter bermoral peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter bermoral peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter bermoral peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu Kepala Sekolah, WAKA Kurikulum, guru Akidah Akhlak, dan Peserta Didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas/kepercayaan (triangulasi sumber data), uji transferabilitas/keteralihan, uji dependabilitas/kebergantungan, dan uji konfirmabilitas/kepastian. Dan untuk tahap penelitian menggunakan tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penulisan laporan penelitian. Hasil penelitian. Pertama, perencanaan penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter bermoral peserta didik kelas VIII yaitu (1) Menyusun RPP (Rencana Pelaksanan Pembelajaran) Akidah Akhlak sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran. (2) Menganalisis KD dan KI yang sesuai dengan diterapkannya metode demonstrasi pada kegiatan pembelajaran. (3) Melakukan pengecekan sarana dan prasarana yang dibutuhkan seperti LCD, proyektor, pengeras suara. (4) Menyiapkan laptop dan kebutuhan pribadi lainnya seperti buku dan materi pembelajaran. (5) Menyiapkan media pembelajaran berupa audio visual sebagai alat pembantu pendemonstrasian yang akan dilaksanakan. Kedua, penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter bermoral peserta didik kelas VIII yaitu (1) Pendidik membuka kegiatan pembelajaran dengan salam, berdo’a, dan mengecek daftar hadir peserta didik. (2) Pendidik menyampaikan topik pembelajaran yang akan dipelajari. (3) Memerintahkan peserta didik membaca dan memahami materi pembelajaran, disamping itu pendidik menyiapkan media, alat dan bahan yang akan digunakan saat pelaksanaan demonstrasi. (4) Dilaksanakannya pendemonstrasian dan memberi penjelasan serta pengkondisian peserta didik untuk memperhatikan proses kegiatan demonstrasi sampai selesai. (5) Pendidik melakukan pengecekan terkait pemahaman dan kejelasan dari proses kegiatan demonstrasi. (6) Pembuatan kelompok untuk kegiatan evaluasi. Ketiga, Evaluasi penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter bermoral peserta didik kelas VIII yaitu (1) pembuatan kelompok oleh pendidik. (2) disampaikannya tujuan dibuatnya kelompok. (3) mulai dilakukannya diskusi kelompok. (4) perwakilan kelompok mendemonstrasikan ulang sesuai ketentuan. (5) pendidik memberikan penilaian kepada masing-masing kelompok setelah semua perwakilan kelompok melakukan pendemonstrasian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201193068 Vera Sesika Viviana
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:52
Last Modified: 07 Aug 2023 07:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38383

Actions (login required)

View Item View Item