NILAI SOSIAL DALAM NOVEL BINTANG KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP/MTs

RISMA MIRNAWATI, 12210193061 (2023) NILAI SOSIAL DALAM NOVEL BINTANG KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP/MTs. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul Nilai Sosial dalam Novel Bintang Karya Tere Liye dan Implikasinya sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di SMP/MTs ini ditulis oleh Risma Mirnawati NIM 12210193061, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen pembimbing Dian Risdiawati, M.Pd. Kata Kunci: Novel, Nilai Sosial, Bahan Pembelajaran Sastra Novel merupakan bagian dari karya sastra berupa prosa yang mengungkapkan permasalahan hidup manusia melalui unsur-unsurnya. Oleh karena itu, dalam sebuah novel terdapat nilai-nilai kehidupan yang bisa dijadikan cerminan manusia. Novel Bintang merupakan salah satu novel yang mencerminkan nilai-nilai sosial kehidupan dalam bermasyarakat seperti tolong-menolong dan kerja sama. Nilai-nilai tersebut digambarkan melalui tindakan yang dilakukan oleh para tokohnya. Nilai sosial dalam novel Bintang tentunya dapat menjadi bahan edukasi bagi kalangan pelajar. Hal tersebut karena selain berisi nilai-nilai sosial yang mampu dijadikan pedoman, tema yang dibahas dalam novel Bintang juga sesuai, yaitu tema petualangan yang bisa diterima baik oleh kalangan pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud nilai sosial dalam novel Bintang karya Tere Liye dan implikasinya sebagai bahan pembelajaran sastra di SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan metode penelitan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiologi sastra. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Bintang karya Tere Liye, sedangkan sumber data sekunder meliputi buku referensi, jurnal, artikel dan berbagai sumber data yang relevan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik dokumentasi dengan instrumen utamanya adalah peneliti sendiri. Teknik dokumentasi digunakan dalam menganalisis bagian isi novel, kemudian diklasifikasikan berdasarkan masalah yang diteliti, yaitu nilai sosial. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik meningkatkan ketekunan. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat nilai-nilai sosial dalam novel Bintang yang digambarkan melalui tindakan para tokohnya. Nilai sosial dijabarkan ke dalam tiga sub, yaitu nilai kasih sayang (loves) yang terdiri dari pengabdian, tolong-menolong, kekeluargaan, kesetiaan, dan kepedulian. Sub nilai yang kedua yaitu nilai tanggung jawab (responsibility) yang terdiri dari rasa memiliki, disiplin, dan empati. Sub nilai ketiga yaitu keserasian hidup (life harmony) yang terdiri dari keadilan, toleransi, kerja sama, dan demokrasi. Berdasarkan hasil analisis wujud nilai sosial, novel Bintang mampu menjadi bahan pembelajaran sastra di SMP/MTs melalui KD 3.11 dan 4.11 pada Kurikulum 2013 serta Capaian Pembelajaran “Setelah mempelajari cara mengulas karya fiksi, peserta didik mampu mengenali unsur yang ada di dalam karya fiksi, mengidentifikasi informasinya, dan membuat ulasan karya yang baik” pada Kurikulum Merdeka.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mahasiswa 12210193061 Risma Mirnawati
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:46
Last Modified: 07 Aug 2023 08:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38396

Actions (login required)

View Item View Item