ISNA ZULAIKAH, 2811123011 (2016) UPAYA SEKOLAH DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA KELAS XI DI SMKN 2 BOYOLANGU. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (292kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (379kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (51kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Isna Zulaikah, NIM. 2811123011, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Upaya Sekolah Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Kelas XI di SMKN 2 Boyolangu”, Dosen pembimbing Indah Komsiyah, S.Ag,M.Pd., NIP. 1976 0518 200701 2 021. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problem kemerosotan moral yang akhir-akhir ini menjangkit pada sebagian generasi muda. Pada kenyataannya tidak sedikit pemuda yang gagal menampilkan akhlak terpuji sesuai harapan orang tua. Fenomena empiris menunjukkan pada saat ini terdapat banyak kasus kenakalan dikalangan pelajar. Peneliti memilih SMKN 2 Boyolangu karena merupakan sekolah umum yang memiliki banyak aktifitas keagamaan. Selain itu beberapa waktu lalu sempat terdapat kasus perkelahian antar siswa. Namun hebatnya, para guru memiliki upaya-upaya yang unik dalam mengatasi kenakalan. Di antaranya dengan melaksanakan upaya preventif, represif, dan kuratif dalam mengatasi kenakalan siswa di sekolah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apa jenis-jenis kenakalan siswa kelas XI di SMKN 2 Boyolangu? (2) Bagaimana upaya preventif guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa kelas XI di SMKN 2 Boyolangu? (3) Bagaimana upaya represif guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa kelas XI di SMKN 2 Boyolangu? (4) Bagaimana upaya kuratif guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa kelas XI di SMKN 2 Boyolangu?. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara dan observasi digunakan untuk menggali informasi mengenai upaya guru dalam mengatasi kenakalan siswa kelas XI di SMKN 2 Boyolangu, sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sarana dan prasarana sekolah. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data di antaranya perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, serta triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian: (1) Jenis-jenis kenakalan siswa, seperti tidak patuh pada guru, bolos sekolah, berkelahi, pakaian tidak sopan, dan keluyuran saat pelajaran. (2) Upaya preventif guru dalam mengatasi kenakalan siswa yaitu dengan melakukan pembiasaan keagamaan, memberikan motivasi kepada siswa, mengoptimalkan penunjang pembelajaran, memberikan pendidikan yang optimal, penggunaan tata tertib, serta kerja sama dengan orang tua siswa, pihak kepolisian dan BNN Kabupaten Tulungagung. (3) Upaya represif guru dalam mengatasi kenakalan siswa yaitu dengan menerapkan hukuman yang mendidik, bekerjasama dengan guru bagian ketertiban, serta menindak siswa secara bertahap. (4) Upaya kuratif guru dalam mengatasi kenakalan siswa yaitu dengan mengajak siswa berkomunikasi terbuka atas masalahnya, memberikan tanggung jawab, mengajak siswa sholah dzuhur berjamaah di mushola di akhir pelajaran, dan bekerjasama dengan guru BK.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123011 ISNA ZULAIKAH |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 07:50 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 07:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3849 |
Actions (login required)
View Item |