PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIKIH DI MTs DARISSULAIMANIYAH DURENAN TRENGGALEK

INTAN MUTIARA, 12201193244 (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIKIH DI MTs DARISSULAIMANIYAH DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Market Place Activity Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fikih di MTs Darissulaimaniyah Durenan Trenggalek” ditulis oleh Intan Mutiara, NIM 12201193244, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Market Place Activity, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh gambaran realita yang ada pada saat ini. Dalam kegiatan pembelajaran PAI khususnya mata pelajaran fikih hanya sebatas menjelaskan materi saja, sehingga pembelajaran di dalam kelas dalam keadaan pasif dimana guru hanya menerangkan dan peserta didik yang mendengarkan. Oleh karena itu diperlukannya metode pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Metode pembelajaran Market Place Activity merupakan metode dimana peserta didik aktif mencari dan mengumpulkan pengetahuan dari satu kelompok ke kelompok lain sehingga dibutuhkannya kerjasama antar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengaruh metode pembelajaran Market Place Activity terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran fikih di MTs Darissulaimaniyah Durenan Trenggalek. 2) Seberapa besar pengaruh metode pembelajaran Market Place Activity terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran fikih di MTs Darissulaimaniyah Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment design nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII MTs Darissulaimaniyah Trenggalek. Dalam pengambilan sampel digunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes (soal) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan uji instrument berupa uji validitas dan uji reliabilitas, uji analisis prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis yang digunakan berupa uji Independent Sample t-test dan Effect Size Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh metode pembelajaran Market Place Activity terhadap hasil belajar peserta didik.Hal ini berdasarkan perhitungan uji t nilai diperoleh t_hitung 5,511 ˃ t_tabel 2,032. Nilai sig. (2 tailed) menunjukkan nilai 0,00 ˂ 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa H_a diterima H_o ditolak. (2) besar pengaruh metode pembelajaran Market Place Activity terhadap hasil belajar peserta didik adalah tinggi. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai uji effect size sebesar 1,89 atau dalam tabel cohen’s persentase menunjukkan 96% yang tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193244 Intan Mutiara
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:22
Last Modified: 09 Aug 2023 03:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38530

Actions (login required)

View Item View Item