PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS INTERNET TERHADAP KEMAMPUAN MENGOLAH INFORMASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU

ALVIONITA SEKAR NUR JAYANTI, 12209193101 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS INTERNET TERHADAP KEMAMPUAN MENGOLAH INFORMASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Internet terhadap Kemampuan Mengolah Informasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Kedungwaru” ini ditulis oleh Alvionita Sekar Nur Jayanti, NIM 12209193101, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Bagus Setiawan, M. Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Kemampuan Mengolah Informasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS dan kurangnya sarana untuk mengembangkan kemampuan mengolah informasi siswa di era globalisasi. Salah satu sebabnya yaitu guru masih sering menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga pembelajaran menjadi tidak berpusat pada siswa dan menimbulkan rasa bosan sehingga dapat menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Peneliti beranggapan bahwa penggunaan model pembelajaran yang inovatif dan menarik, serta melibatkan teknologi seperti group investigation dimana lebih berpusat pada siswa diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar dan kemampuan mengolah informasi siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh model pembelajaran group investigation berbasis internet terhadap kemampuan mengolah informasi siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Kedungwaru? 2) Adakah pengaruh model pembelajaran group investigation berbasis internet terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Kedungwaru?. Dengan tujuan sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran group investigation berbasis internet terhadap kemampuan mengolah informasi siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Kedungwaru. 2) Untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran group investigation berbasis internet terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33 siswa dan kelas VIII-I sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 siswa. Teknik sampling yang digunakan ialah simple random sampling dan cluster sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik yaitu uji t-test yang sebelumnya diuji homogenitas dan normalitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran group investigation berbasis internet terhadap kemampuan mengolah informasi siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Kedungwaru berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 dimana 0.000 < 0.05 sehingga dapat diambil keputusan dari uji hipotesis adalah Ha diterima dan H0 ditolak. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran group investigation berbasis internet terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Kedungwaru berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 dimana 0.000 < 0.05 sehingga dapat diambil keputusan dari uji hipotesis adalah Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: Mahasiswa 12209193101 Alvionita Sekar Nur Jayanti
Date Deposited: 04 Oct 2023 06:35
Last Modified: 04 Oct 2023 06:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38575

Actions (login required)

View Item View Item