IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA DAN UPAYA GURU DALAM PERBAIKANNYA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIPA MAN 3 NGAWI DI ERA NEW NORMAL

NOVIANTIKA YULIA DEWI, 12208183128 (2023) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA DAN UPAYA GURU DALAM PERBAIKANNYA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIPA MAN 3 NGAWI DI ERA NEW NORMAL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)

Abstract

Suatu pembelajaran dikatakan berhasil jika antara peserta didik dan pendidik terjadi adanya hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi antar keduanya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pendidikan di Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19. Adanya kebijakan penerapan pembelajaran jarak jauh yang telah dikeluarkan oleh pemerintah membuat sekolah-sekolah harus melakukan penyesuain terhadap kondisi tersebut, dimana pada saat itu seluruh kegiatan di sekolah dilaksanakan dari rumah masing-masing siswa guna meminimalisir penyebaran virus corona. Setelah PJJ, tidak menutup kemungkinan siswa akan mengalami learning loss/menurunnya pengetahuan dan kemampuan siswa di bidang akademik. Pada kenyataannya ada siswa yang sulit mengikuti pembelajaran di kelas. Salah satu mata pelajaran yang memerlukan pemahaman adalah materi biologi, dimana mata pelajaran biologi mengandung berbagai teori dan praktikum untuk pemahaman siswa yang lebih baik. Setiap siswa dalam menempuh pendidikan tentu memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan tentunya mempengaruhi hasil belajar mereka. Dalam pendidikan tatap muka era new normal ini sebagian siswa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik, lancar dan berhasil, namun tidak sedikit pula siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kesulitan belajar siswa kelas XI MIPA MAN 3 Ngawi di era new normal, untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas XI MIPA MAN 3 Ngawi di era new normal, dan untuk mengetahui upaya guru Biologi dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas XI MIPA MAN 3 Ngawi di era new normal. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi terbuka, wawancara mendalam serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan dari Miles Huberman Saldana berupa Interctive Model yang membagi langkah-langkah dalam beberapa bagian meliputi data condencation, data display dan conclutions/drawing verifying. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan keajegan dan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian di kelas XI MIPA MAN 3 Ngawi diantaranya : (1) Jenis kesulitan belajar yang dialami oleh siswa pada mata pelajaran biologi era new normal adalah kesulitan konsentrasi, sulit memahami/mengartikan istilah dalam mata pelajaran biologi, dan sulit menghafal materi dan nama latin biologi. (2) Faktor internal penyebab kesulitan belajar siswa seperti minat, kondisi fisik siswa, serta self confidence. Adapun faktor eksternal penyebab kesulitan belajar siswa yaitu bahan ajar yang terbatas, metode pembelajaran yang guru gunakan hanya ceramah dan pemberian tugas (kurang variatif), serta sarana prasarana pembelajaran kurang memadai. (3) Upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi masalah kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran biologi era new normal adalah meningkatkan metode pembelajaran, meningkatkan interaksi antar guru dengan siswa serta interaksi siswa dengan siswa dengan adanya tugas kerja kelompok, guru juga memberikan referensi lain/tambahan materi, dan guru memberikan reward sebagai motivasi untuk siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183045 Ahmad Faza Zulfikar
Date Deposited: 10 Aug 2023 06:23
Last Modified: 10 Aug 2023 06:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38668

Actions (login required)

View Item View Item