ANALISIS PERSEPSI GENERASI MILENIAL TENTANG PENGGUNAAN MOBILE BANKING DI BANK SYARIAH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENABUNG (Studi Kasus Desa Dawuhan Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar)

ILMA EKA INDRAWATI, 12401193077 (2023) ANALISIS PERSEPSI GENERASI MILENIAL TENTANG PENGGUNAAN MOBILE BANKING DI BANK SYARIAH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENABUNG (Studi Kasus Desa Dawuhan Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Persepsi Generasi Milenial Tentang Penggunaan Mobile Banking di Bank Syariah dalam Pengambilan Keputusan Menabung (Studi Kasus di Desa Dawuhan Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar)” ini ditulis oleh Ilma Eka Indrawati NIM. 12401193077 dengan dosen pembimbing Ibu Nadia Roosmalita Sari, S.Pd., M.Kom. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan persepsi generasi milenial tentang penggunaan Mobile Banking dalam pengambilan keputusan menabung di Bank Syariah Kota Blitar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan Bank Syariah di Blitar yang semakin hari semakin meningkat dan banyaknya antusias masyarakat untuk menjadi nasabah dalam bank syariah, salah satunya di Desa Dawuhan Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar, dimana beberapa anak-anak muda yang beragama Islam dengan kriteria memiliki pengetahuan serta wawasan mengenai lembaga keuangan perbankan khususnya bank syariah, mereka lebih memilih untuk menggunakan produk tabungan serta jasa yang ada pada bank syariah daripada bank konvensional. Fokus Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana persepsi generasi milenial terhadap perbankan syariah di Desa Dawuhan Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar ? 2) Bagaimana persepsi generasi milenial terhadap kemudahan dalam penggunaan mobile banking Bank Syariah di Desa Dawuhan Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar? 3) Bagaimana persepsi generasi milenial dalam mengambil keputusan menabung menggunakan mobile banking Bank Syariah di Desa Dawuhan Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Triangulasi digunakan untuk pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi generasi milenial tentang Bank Syariah Kota Blitar yaitu para responden mengungkapkan alasan yang ratarata sama, yaitu Bank Syariah Indonesia sistem operasionalnya sudah sesuai dengan syariat ajaran Islam dan berbeda dengan bank konvensional lainnya. Sistem bagi hasil juga menjadi salah satu daya tarik mereka untuk menggunakan Bank Syariah Indonesia. 2) Persepsi generasi milenial tentang aplikasi Mobile Banking. Terdapat dua unsur yaitu Eskternal dan Internal dalam persepsi. Dimana peneliti mengaitkan kedua unsur ini terhadap para responden tentang Mobile Banking. Unsur Eksternal ini terdiri dari Concreteness (konkret), Novelty (Penemuan Baru), Velocity (percepatan), dan Conditioned Stimuly. Sedangkan Unsur internalnya terdiri dari motivasion, interest, need dan Assumptions. Kedua unsur eksternal dan internal ini memiliki persepsi sendiri-sendiri yang intinya, para nasabah menggunakan aplikasi Mobile Banking adalah karena mempersingkat waktu, tidak harus datang ke ATM langsung dan sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. 3) Dalam pengambilan keputusan menabung ini terdapat 3 faktor yang mempengaruhi yaitu: a) Faktor Religius, b) Faktor bagi hasil, dimana antara pihak BSI dan nasabah membuat sebuah perjanjian di awal mengenai sistem bagi hasil. Dan yang terakhir adalah faktor pelayanan. Kata Kunci: Bank Syariah, Minat Menabung, Mobile Bank, Persepsi

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401193077 Ilma Eka Indrawati
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:09
Last Modified: 11 Aug 2023 08:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38721

Actions (login required)

View Item View Item