HIJAB DAN OBJEKTIFIKASI DAKWAH PADA YOUTUBE ZAVILDA TV

LAILATUL FITRIA, 12850721015 (2023) HIJAB DAN OBJEKTIFIKASI DAKWAH PADA YOUTUBE ZAVILDA TV. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Hijab dan Objektifikasi Dakwah Pada YouTube Zavilda TV”ini ditulis oleh Lailatul Fitria dengan pembimbing Prof. Dr. Syamsun Niam, M.Ag dan Prof.Dr. Ngainum Naim, M.H.I Kata Kunci: Hijab, Objektifikasi, Dakwah, YouTube Dakwah di media sosial kini sudah menjadi hal yang lazim untuk dilakukan karena merupakan sebuah motifasi dalam mengajak serta mengingatkan kembali kepada perintah Allah SWT melalui konten yang menarik, khususnya dakwah melalui media masa di YouTube.Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian ini dilakukan. Salah satu objek utama dalam penelitian ini adalah konten dakwah yang dilakukan oleh Channel YouTube salah satu contentcreator yaitu Zavilda TV. Yang menjadi menarik adalah dengan bagaimana dia melakukan aksi dakwahnya secara terang-terangan dengan maksud memakaikan hijab secara paksa kepada orang yang menjadi target yang akan dijadikan konten. Objektifikasi terjadi dengan proses dilakukannya justifikasi dan thumbnail yang dipasang pada kanal akun Youtube tersebut. Hal semacam ini perlu dikaji lebih dalam untuk memberikan konstruksi pada paham keagamaan yang konservatif tentang pemaknaan hijab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengamatan fenomena dan lebih meneliti ke substansi makna dari fenomena tersebut.karena penelitian ini dilakukan dengan mengamati media YouTube maka teknik analisis data yang digunakan diantaranya adalah Media Effect theory dan persuasion theory dan diskursus teori Jurgen Habermas dalam melihat objektifikasi yang dilakukan oleh Zavilda TV. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimana makna hijab dalam Youtube Zavilda TV (2). Bagaimana objektifikasi dakwah pada akun YouTube Zavilda TV? (3).Bagaimana Teori tindakan komunikasi Jurgen Habermas dalam melihat objektifikasi hijab pada YouTube Zavilda TV? Pengarusutamaan konten dengan gaya dakwah memberikan objektifikasi masuk dalam kategori konten yang memiliki ideologi konservatif di ruang digital. Secara validity claims tindakan komunikatif aksi yang dilakukan berpengaruh kepadadakwah yang radikal dan ekstrimis sehingga perlu adanya refleksi dalam tindakan dakwah pada media sosial khususnya YouTube dan pemahaman lebih komprehesif terhadap etika dakwah dan pemahaman mengenai pemahaman hijab.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Filsafat Agama
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:41
Last Modified: 11 Aug 2023 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38773

Actions (login required)

View Item View Item