AGUNG SAPUTRA, 12201193298 (2023) PERAN GURU Al-QURÁN HADITS DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTs MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (183kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (65kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (189kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan salah satu solusi untuk membentuk pribadi peserta didik yang lebih baik. Peran guru dalam mebangun karakter peserta didik sangat penting yaitu membangun karakter yang sesuai dengan tuntunan agama. Orang-orang yang memiliki karakter baik dan mulia secara individu dan sosial ialah mereka yang memiliki akhlak, moral dan budi pekerti yang baik. Mengingat pentingnya karakter dalam diri, maka pendidikan memiliki tanggung jawab yang begitu besar untuk dapat menanamkan melalui proses pembelajaran. Tujuan penelitian (1) Untuk mendeskripsikan peran guru al-qurán hadits sebagai inspirator dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTs Miftahul Huda Ngunut. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru al-qurán hadits sebagai motivator dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTs Miftahul Huda Ngunut. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru al-qurán hadits sebagai evaluator dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTs Miftahul Huda Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian yang diambil adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru Al-Quran Hadits dan siswa. Teknis analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengechekan keabsahan temuan dilakukan dengan triangulasi sumber, metode dan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan (1) Peran guru Al-Qurán Hadits sebagai inspirator dalam membentuk karakter religius peserta didik antara lain guru harus memiliki komitmen dalam membimbing peserta didik, memahami dan menguasai materi pembelajaran, membuat kegiatan religius. (2) Peran guru Al-Qurán Hadits sebagai motivator dalam membentuk karakter religius peserta didik antara lain menyampaikan pembelajaran dengan menyenangkan, memberikan bimbingan kepada peserta didik, menjadikan peserta didik lebih aktif belajar guna mengasah potensi dan minat, mengenal peserta didik dan lingkungan sosialnya, memberikan hadiah atau hukuman untuk motivasi siswa dalam menerapkan karakter religious. (3) Peran guru Al-Qurán Hadits sebagai evaluator dalam membentuk karakter religius peserta didik antara lain dengan melakukan pendekatan kepada siswa secara personal, memberitahu terkait apa saja tanggung jawab siswa, melakukan pengamatan secara langsung kepada siswa serta melakukan penilaian diri atau penilaian antar teman siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193298 Agung Saputra |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 06:26 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 06:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38864 |
Actions (login required)
View Item |