STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI MIN 5 TULUNGAGUNG

ATIKA TRI MALASARI, 12205183060 (2023) STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Kesadaran Sosial Peserta Didik Di MIN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Atika Tri Malasari, NIM 12205183060, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci : Strategi Guru, Kesadaran Sosial Anak Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan kesadaran sosial anak yang diketahui berdasarkan interaksi langsung antara peneliti dengan ojek penelitian sehingga tertarik untuk mengulas masalah ini. Berdasarkan fenomena yang peneliti temukan dalam kehidupan sehari-hari sering menemui anak usia dini yang bisa dibilang kurang baik dalam kegiatan bersosialisasinya seperti kurangnya saling menghargai, sering gaduh di kelas, tidak mau mengerjakan tugas kelompok dan suka mengolok teman. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi perkembangan sisi sosial dan spriritual anak dalam proses pertumbuhannya. Oleh karena itu, dalam lingkup madrasah strategi guru dalam menumbuhkan kesadaran sosial anak sangat diperlukan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana langkahlangkah yang dilakukan guru Aqidah Akhlak dalam menumbuhkan kesadaran sosial peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah yang dilakukan guru Aqidah Akhlak dalam menumbuhkan kesadaran sosial peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Tulungagung baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru Aqidah Akhlak kelas III dan V. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pngecekan keabsahan data dengan menerapkan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi guru Aqidah Akhlak dalam menumbuhkan kesadaran sosial peserta didik adalah dengan melakukan upaya terhadap 2 macam, yaitu upaya pelaksanaan strategi secara oudoor dan indoor. Adapun langkah langkah penerapan strategi outdoor adalah: a) Mengadakan pembinaan guru dan evaluasi bulanan dalam rangka memonitoring pelaksanaan program sekolah; b) Membantu madrasah dalam mensukseskan pelaksanaan program sekolah berupa pembiasaan keagamaan terhadap peserta didik (sholat dhuha, ceramah keagamaan, pembacaan surat pendek, Yasin dan Tahlil,); c)Menanamkan program 5S di serta membina komunikasi dua arah yang baik; d) Saling membantu, mengingatkan, dan menegur terhadap perilaku yang kurang baik Sedangkan langkah-langkah strategi indoor sebagai berikut: a) Menyiapkan materi pembelajaran dan merancang proses pembelajaran; b) Menyampaikan materi dengan pembelajaran kontekstual, menggunakan pendekatan etika, emosi dan logika serta mengkaitkan dengan kehidupan nyata; c) Guru dan siswa melakukan tanya jawab dengan tujuan menumbuhkan kepercayaan diri siswa, keberanian dan sikap kritis dalam bertukar argumen; d) Melakukan penugasan yang disertai dengan pengarahan-pengarahan agar siswa dapat mengerjakan tugas dengan baik dan menghargai hasil jerih payah usahanya menyelesaikan tugas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205183060 Atika Tri Malasari
Date Deposited: 30 Aug 2023 10:08
Last Modified: 30 Aug 2023 10:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39301

Actions (login required)

View Item View Item