PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS II A MIN MERGAYU BANDUNG TULUNGAGUNG

ELLY INDRIASTUTI IRAWAN, 2817123050 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS II A MIN MERGAYU BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (848kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ELLY.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I ELLY.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB II ELLY.pdf

Download (381kB)
[img]
Preview
Text
BAB III ELLY.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV ELLY.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V ELLY.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik Kelas II A MIN Mergayu Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Elly Indriastuti Irawan, NIM. 2817123050, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Talking Stick, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran cenderung monoton, guru masih menggunakan metode-metode konvensional yaitu, ceramah, tanya jawab, penugasan dan mencatat. Kendali lain yang dialami yaitu kurangnya kepedulian orangtua siswa akan pentingnya belajar. Dengan demikian, peneliti mencoba menyelesaikan masalah dengan menggunakan metode pembelajaran Talking Stick. Peneliti berharap dengan diterapkannya metode pembelajaran Talking Stick, peserta didik lebih semangat untuk belajar dan peserta didik lebih mudah memahami materi sehingga motivasi dan hasil belajar dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA materi Kegunaan Panas dan Cahaya Matahari Bagi Kehidupan peserta didik kelas II A MIN Mergayu Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar IPA pada materi Kegunaan Panas dan Cahaya Matahari Bagi Kehidupan melalui penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick peserta didik kelas II A MIN Mergayu Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA pada materi Kegunaan Panas dan Cahaya Matahari Bagi Kehidupan dengan menerapkan Metode Pembelajaran Talking Stick peserta didik kelas II A MIN Mergayu Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan penerapan metode pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA materi Kegunaan Panas dan Cahaya Matahari Bagi Kehidupan peserta didik kelas II A MIN Mergayu Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar IPA pada materi Kegunaan Panas dan Cahaya Matahari Bagi Kehidupan melalui penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick peserta didik kelas II A MIN Mergayu Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. (3) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPA pada materi Kegunaan Panas dan Cahaya Matahari Bagi Kehidupan dengan menerapkan Metode Pembelajaran Talking Stick peserta didik kelas II A MIN Mergayu Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (Planning), pelaksanaan tindakan (Acting), observasi (Observed), dan refleksi (reflection). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas II A MIN Mergayu Bandung Tulungagung. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini antara lain: tes, observasi, wawancara, angket, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA. Dapat dibuktikan dengan tingkat keberhasilan tindakan pada siklus I dari peneliti sebesar 81,81% (Baik) dan peserta didik sebesar 80% (Baik) terjadi peningkatan pada siklus II dari peneliti sebesar 94,54% (Sangat Baik) dan peserta didik sebesar 96,36% (Sangat Baik). Selain itu adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik sebelum diberikan tindakan yaitu 1,75 (Positif) ke akhir tindakan siklus II yaitu mencapai 1,83 (Sangat Positif). Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 0,08. Dan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari awal tindakan sampai ke siklus II yaitu prosentase ketuntasan tes awal (Pre Test) yaitu 29,16% dan prosentase ketuntasan pada Post Test siklus I adalah 58,33% meningkat menjadi 95% pada Post Test siklus II. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA peserta didik kelas II A MIN Mergayu Bandung Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123050 ELLY INDRIASTUTI IRAWAN
Date Deposited: 29 Dec 2016 07:08
Last Modified: 29 Dec 2016 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3937

Actions (login required)

View Item View Item