KHOLIFATUN NI’MAH, 2811123121 (2016) PENERAPAN METODE USMANI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) AN-NUR DESA KARANGSONO KANIGORO BLITAR TAHUN 2015/2016. [ Skripsi ]
Text
1. COVER SKRIPSIKU.pdf Download (267kB) |
||
|
Text
2. DAFTAR ISI n abstrak.pdf Download (836kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (250kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (214kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ni’mah, Kholifatun. 2016. Penerapan Metode Usmani Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) An-Nur Desa Karangsono Kanigoro Blitar Tahun 2015/2016. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Sarjana Strata Satu Pendidikan Agama Islam IAIN Tulungagung. Pembimbing: Drs. H. Masduki, M.Ag. Kata kunci : Metode Usmani, Makhorijul Huruf Metode usmani adalah metode pembelajaran membaca Al-Qur’an yang menggunakan tiga metode dalam pembelajarannya, yaitu dengan menggunakan Metode Riwayah, Metode Praktis Membaca Al-Qur’an, dan Metode Diroyah. Dengan menerapkan metode ini, kemampuan membaca Al-Qur’an dapat berkembang. Makhorijul Huruf adalah tempat-tempat atau letak keluarnya huruf hijaiyah ketika membunyikannya. Kesalahan satu huruf atau panjang pendek dalam membaca Al-Qur’an akan mengakibatkan perubahan arti. Kualitas kebenaran bacaan Al-Qur’an dapat dilihat dari cara membaca Al-Qur’an dengan baik secara tartil, sesuai dengan kaidah membaca Al-Qur’an, menurut tajwid, makroj, dan sifatnya. Sedang Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) An-Nur Desa Karangsono Kanigoro Blitar adalah lembaga pembentuk generasi muda yang memiliki kemampuan dan kualitas dalam membaca Al-Qur’an dengan Metode Usmani. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1. Bagaimana penerapan metode usmani dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada aspek melafalkan makhorijul huruf hijaiyah santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) An-Nur Desa Karangsono Kanigoro Blitar? 2. Bagaimana cara mengevaluasi tingkat kemampuan santri dalam aspek melafalkan makhorijul huruf hijaiyah yang ada pada penerapan metode usmani? Dalam penelitian ini digunakan metode observasi (pengamaatan), interview (wawancara) dan dokumentasi. Observasi (pengamatan) digunakan untuk mengetahui lebih dekat tentang objek yang sedang diteliti, yaitu tentang penerapan metode usmani di TPQ An-Nur desa Karangsono Kanigoro Blitar, interview (wawancara) digunakan untuk memperoleh data atau informasi tentang penerapan metode usmani terutama dalam pembelajaran makhorijul huruf dan cara mengevaluasinya, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data secara jelas dan konkret tentang sejarah berdirinya TPQ An-Nur, jumlah ustadz/ustadzah dan santri, sarana dan prasarana belajar serta semua data yang mendukung penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode usmani dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) An-Nur desa Karangsono Kanigoro Blitar, yaitu: 1). Untuk mengembangkan kemampuan santri membaca Al-Qur’an terutama tentang melafalkan makhorijul huruf menggunakan metode usmani di TPQ An-Nur desa Karangsono Kanigoro Blitar dilakukan dengan cara: pembelajarannya disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta didik, pada tingkatan juz pemula dan juz 1 pembelajaran makhorijul huruf dilaksanakan dengan: a. Memberikan contoh bacaan yang benar dan santri memperhatikan, b. Meminta santri menirukan bacaan yang diajarkan, c. Menjelaskan secara sederhana cara mengucapkan huruf yang benar dan memberikan contoh sekali lagi, d. Meminta santri membaca materi yang sudah diajarkan secara berulang-ulang. Sedangkan untuk tahapan juz selanjutnya cara mengajarkan makorijul huruf yaitu dengan cara pembetulan ketika ada bacaan santri yang salah dalam mengucapkan huruf hijaiyah. Selain itu juga menerapkan prinsip dasar metode usmani bagi guru maupun peserta didik, menggunakan beberapa metode diantaranya: ceramah, tanya jawab, hafalan, menulis pegon, dan latihan (drill). Juga menggunakan tehnik mengajar metode usmani yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi, seperti: individu/sorogan, klasikal, klasikal-individual, klasikal baca simak, dan klasikal baca simak murni. 2). Cara mengevaluasi kemampuan melafalkan makhorijul huruf dilakukan dengan: 1. Tes Pelajaran, 2. Tes Kenaikan Juz, 3. Khotam Pendidikan Al-Qur’an. Adapun kriteria penilaian dalam mengevaluasi kemampuan melafalkan makhorijul huruf yaitu: 1. Mengucapkan atau membunyikan huruf hija’iyah sesuai dengan makhrojnya, 2. Pengucapannya harus memenuhi atau sesuai dengan sifatul huruf yaitu sifat lazimah dan sifat aridhoh. Materi yang digunakan sebagai bahan untuk menilai kemampuan melafalkan makhorijul huruf yaitu sesuai dengan tingkatan juznya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123121 kholifatun ni'mah |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 07:04 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 07:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3944 |
Actions (login required)
View Item |