ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE (HOTS) HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII MTSN 1 KOTA BLITAR

AWWAHA ACHMAD ZULFACHRON, 12204193031 (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE (HOTS) HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII MTSN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe (HOTS) Higher Order Thinking Skill pada Materi Himpunan di Kelas VII MTsN 1 Kota Blitar.” Ini ditulis oleh Awwaha Achmad Zulfachron, NIM. 12204193031, Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Newman, HOTS, Himpunan Soal HOTS merupakan soal yang membutuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikannya. Masalah berupa sulitnya siswa dalam memahami materi matematika seperti soal berbentuk HOTS yang diambil dari materi himpunan, menyebabkan siswa melakukan kesalahan-kesalahan saat menyelesaikan soal tersebut. Melalui analisis kesalahan menggunakan indikator Newman, maka akan diperoleh bentuk kesalahan yang dilakukan siswa dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Adapun tujuan dalam Penelitian ini diantaranya: 1) Untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS pada materi himpunan di kelas VII MTsN 1 Kota Blitar 2) Untuk mendeskripsikan faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS pada materi himpunan di kelas VII MTsN 1 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian menggunakan Studi Kasus. Lokasi penelitian ini adalah MTsN 1 Kota Blitar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII berjumlah 3 siswa perempuan. Data dalam penelitian ini berasal dari wawancara dan test. Adapun teknik analisis data ini menggunakan Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Kesimpulan dalam penelitian ini diantaranya: 1) bentuk kesalahan yang dilakukakan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi himpunan adalah kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir, 2) faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu siswa tidak terbiasa dengan soal, tidak mengingat apa yang sudah dipelajari, cenderung menghafal daripada memahami, dan tidak teliti atau terburu-buru dalam mengerjakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Himpunan
Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193031 AWWAHA ACHMAD ZULFACHRON
Date Deposited: 30 Aug 2023 08:29
Last Modified: 30 Aug 2023 08:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39465

Actions (login required)

View Item View Item