PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING START WITH A QUESTION DAN TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE MATERI PLSV KELAS VII SEMESTER 2 MTsN TUNGGANGRI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

NINA KHURUN’IN, 2814123019 (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING START WITH A QUESTION DAN TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE MATERI PLSV KELAS VII SEMESTER 2 MTsN TUNGGANGRI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (958kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (904kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Antara Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start with a Question dan Tipe Everyone is a Teacher Here Materi PLSV Kelas VII Semester 2 MTsN Tunggangri Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Nina Khurun’in dibimbing oleh Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Learning Start with a Question, Everyone is a Teacher Here, Hasil Belajar Matematika Anggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang paling sulit dan bahkan menakutkan dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain akan berpengaruh buruk terhadap hasil belajar siswa. Karena setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda, seorang guru harus bisa menyampaikan materi pembelajaran dengan strategi yang bervariasi, menumbuhkan daya kreatifitas dan tentunya melibatkan siswa secara aktif. Berdasarkan hal tersebut, dalam pelaksanaan proses pembelajaran diperlukan langkah-langkah yang sistematis yaitu salah satunya dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif. Strategi pembelajaran aktif yang tepat dapat mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki peserta didik, sehingga dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan. Salah satu strategi pembelajaran aktif yang dapat mengatasi hal tersebut adalah strategi pembelajaran aktif tipe LearningStarts with a Question dan tipe Everyone is a Teacher Here. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Apakah ada perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Strart with a Question dan tipe Everyone is a Teacher Here pada materi PLSV kelas VII semester 2 MTsN Tunggangri Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 ? (2) Manakah yang lebih baik hasil belajar matematika antara yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Strart with a Question dan tipe Everyone is a Teacher Here pada materi PLSV kelas VII semester 2 MTsN Tunggangri Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 ?. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Strart with a Questiondan tipe Everyone is a Teacher Here pada materi PLSV kelas VII semester 2 MTsN Tunggangri Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. (2) Untuk mengetahui Manakah yang lebih baik hasil belajar matematika antara yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Strart with a Question dan tipe Everyone is a Teacher Here pada materi PLSV kelas VII semester 2 MTsN Tunggangri tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi dan eksperimen bentuk The randomized posttest only Control group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa setelah perlakuan dan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang nama siswa dan nilai ulangan tengah semester genap siswa kelas VII B, VII C, VII D. Metode analisis data menggunakan dua tahap yaitu analisis awal dan analisis akhir. Analisis awal berupa uji homogenitas dan normalitas. Sedangkan analisis akhir menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika menggunakan metode konvensional pada siswa kelas VII MTsN Tunggangri Tulungagung memiliki mean (rata-rata) 82,15. (2) Hasil belajar matematika menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Herepada siswa kelas VII MTsN Tunggangri Tulungagung memiliki mean (rata-rata) 87,56. (3) Hasil belajar matematika menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts with a Question pada siswa kelas VII MTsN Tunggangri Tulungagung memiliki mean (rata-rata) 91,65. (4) Pada analisis data menggunakan t-test didapat t_hitung = 1,826046 dan t_tabel = 1,65776. Ini berarti bahwa t_hitung (1,826046) >t_tabel (1,65776), maka H0 ditolak. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan strategi pembelajaran aktif Everyone is a Teacher Here dan Learning Starts with a Question pada siswa kelas VII MTsN Tunggangri Tulungagung, dimana strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts with a Question menghasilkan hasil belajar yang lebih baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd.I 2814123019 nina khurun'in
Date Deposited: 18 Nov 2016 03:45
Last Modified: 18 Nov 2016 03:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3968

Actions (login required)

View Item View Item