AULIA MUTIA RAHMI, 12202193058 (2023) PENERAPAN METODE AUDIOLINGUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS X DI MA SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (791kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (649kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (490kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (327kB) |
Abstract
ABSTRAK Aulia Mutia Rahmi, 16626124231, Skripsi “Penerapan Metode Audiolingual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas X di MA Sunan Kalijogo Mojo Kediri”, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 6264. Pembimbing: Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha, M.Pd. Kata Kunci : Metode Audiolingual, Maharah Kitabah Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Madrasah Aliyah adalah Bahasa Arab. Materi bahasa Arab terdiri dari beberapa keterampilan yaitu; maharah al-istima’, maharah al-kalam, maharah al-qiraâah, dan maharah al-kitabah. Keterampilan menulis (maharah al-kitabah) merupakan keterampilan tertinggi dari empat keterampilan berbahasa. Dilihat dari aspek kemahiran berbahasa Arab, menulis dapat dikatakan sebagai suatu kegiatan yang sangat kompleks, sebab terletak pada tuntutan kemampuan untuk menata dan mengorganisasikan ide secara runtut dan logis, serta kemampuan dalam konteks menyajikan tulisan dalam ragam bahasa tulis dan kaidah penulisan yang berbeda-beda. Aktifitas menulis ini adalah hal yang sulit bagi anak-anak, karena membutuhkan beberapa keterampilan, yaitu kemahiran dalam membentuk huruf serta menguasai ejaan dan kemahiran melahirkan pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan berbahasa Arab. Oleh sebab itu pemilihan metode yang tepat dapat membantu siswa untuk mencapai tujuan dari maharah al-kitabah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Audiolingual dan efektifitasnya dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas X di MA Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengungkap: 1. Bagaimana penerapan metode audiolingual dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas X di MA Sunan Kalijogo Mojo Kediri?, 6. Bagaimana efektifitas metode audiolingual dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas X di MA Sunan Kalijogo Mojo Kediri? Pendekatan penelitian yang digunakan pada karya ilmiah ini adalah kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen. Jumlah total responden dalam penelitian ini adalah 22 yang terdiri dari 42 siswa kelas eksperimen dan 42 siswa kelas kontrol. Analisis data awal menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan analisis data akhir menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa penerapan metode audiolingual dalam meningkatkan kemampuan menulis di kelas 12 MA Sunan Kalijogo Mojo Kediri cukup menarik karena dipadukan dengan disiplin belajar sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan terfokus. Selain itu, terdapat efektifitas metode audiolingual dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas X di MA Sunan Kalijogo Mojo Kediri yang ditunjukkan pada uji independent t test sebesar 21214 (21214 < 2123) dalam artian bahwa Ha diterima dan H2 ditolak
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 12850121065 Desy Islamiati |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 08:50 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 08:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39719 |
Actions (login required)
View Item |