RINDANG AYU PURWATI, 12205193238 (2023) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN SIKAP DAN PERILAKU SOSIAL SISWA Di MADRASAH IBTIDAIYAH AL HUDA REJOWINANGUN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (270kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (860kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
Purwati, Rindang Ayu. 2023. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Sosial Siswa Di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M. Pd. I Kata kunci: Pendidikan Karakter, Sikap Sosial. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya sikap dan perilaku sosial siswa. Peneliti melihat bahwa terdapat perbedaan karakteristik setiap siswa di lingkungan luar sekolah. Oleh karena itu, dengan mengamati kondisi tersebut, guru sebagai pendidik karakter siswa khususnya guru kelas, diharapkan dapat memanfaatkan kreativitas yang dimiliki untuk menanamkan karakter pada siswa agar terbiasa mempunyai kepribadian seperti yang diharapkan. Untuk mendalami hal ini, peneliti menetapkan fokus penelitian ini: 1) Bagaimana implementasi penguatan pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Rejowinangun Trenggalek?, 2) Bagaimana strategi yang dilaksankan oleh guru dalam pembentukan sikap dan perilaku sosial siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Rejowinangun Trenggalek?. Fokus penelitian ini bertujuan guna menjelaskan implementasi penguatan pendidikan karakter di Madrsah Ibtidaiyah Al Huda Rejowinangun Trenggalek dan strategi yang diterapkan oleh guru dalam membentuk sikap dan perilaku sosial siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Penelitian ini tergolong jenis kualitatif deskriptif. Data penelitian ini dihimpun memakai teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan data pada penelitian dianalisis memakai metode analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan. Hasil penelitian ini meliputi: 1) Implementasi penguatan pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Rejowinangun Trenggalek dilaksanakan melalui dua proses kegiatan yaitu di dalam atau di luar kelas. Kegiatan belajar mengajar dalam kelas terintegrasi pada setiap mata pelajaran dan pembelajaran di luar kelas dilaksanakan melalui kegiatan pembiasaan dan ekstrakulikuler. 2) Strategi yang dilaksanakan guru dalam pembentukan perilaku dan sikap sosial peserta didik MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek yaitu dengan keteladanan dan pemberian hukuman. Sedangkan faktor penghambat dalam membentuk sikap sosial siswa di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek adalah dari lingkungan keluarga maupun masyarakat, serta kemajuan teknologi yang semakin modern seperti HP. Sedangkan faktor pendukung dalam pembentukan perilaku dan sikap peserta didik ialah peran pendidik yang sangat kuat dalam menyampaikan pengajaran kepada siswa sehari-hari. Guru memberikan teladan dalam kehidupan keseharian siswanya sehingga siswa bisa mengaplikasikan di kehidupannya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193238 RINDANG AYU PURWATI |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 07:38 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 07:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39771 |
Actions (login required)
View Item |