FINA ALFI RIZKI, 12201193032 (2023) IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI MTS NEGERI 8 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Fina Alfi Rizki, NIM. 12201193032. Implementasi Kegiatan Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa di MTsN 8 Blitar. Skripsi: Program Studi Pendidikan Aagam Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Nurul Hidayat, M. Ag Kata Kunci: Implementasi, Kegiatan Keagamaan, Karakter, Disiplin, Tanggung jawab Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya karakter disiplin dan tanggung jawab di sekolah. Karakter disiplin dan tanggung jawab merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh setiap siswa dalam proses pembelajaran. Untuk membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa selain mengandalkan peran guru di dalam kelas, juga diperlukan andil lembaga dan lingkungan. Peran yang di ambil oleh berbagai pihak terdekat siswa yang dilakukan dengan bersama-sama akan membantu siswa untuk meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab. Sehingga sekolah mengimplementasikan kegiatan keagamaan sebagai upaya untuk membentuk karakter tersebut pada siswa-siswanya. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu: 1) Bagaimana implementasi kegiatan keagamaan Shalat dhuha dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di MTsN 8 Blitar?, 2) Bagaimana implementasi kegiatan keagamaan kelas usmani Al-Qur’an dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di MTsN 8 Blitar?, 3) Bagaimana implementasi kegiatan keagamaan kelas tahfidz dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di MTsN 8 Blitar? Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kegiatan keagamaan Shalat dhuha dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab dilaksanakan dengan ketentuan 6 rakaat 3 kali salam. Pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab dilakukan dengan pembiasaan, hukuman, motivasi, nasehat, dan himbauan, 2) Implementasi kegiatan keagamaan kelas usmani AlQur’an dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa dilakukan melalui cara yaitu pembiasaan membaca Al-Qur’an, peserta didik diwajibkan datang tepat waktu, sistem target pemahaman materi dan hafalan surat pendek, serta hukuman, 3) Implementasi kegiatan keagamaan kelas tahfidz dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa dibagi menjadi kelas tahfidz dalam sekolah dan rumah tahfidz. Pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab dapat dilakukan dengan cara pemberian motivasi, sistem target setoran dan hafalan, contoh teladan, dan hukuman bagi peserta didik yang terlambat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201193032 FINA ALFI RIZKI |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 09:17 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 09:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40148 |
Actions (login required)
View Item |