METODE PEMBELAJARAN GURU FIQIH DALAM PEMBENTUKAN NILAI-NILAI TANGGUNG JAWAB SISWA DI MTsN KARANGREJO TULUNGAGUNG

ELVITA SARI, 2811123082 (2016) METODE PEMBELAJARAN GURU FIQIH DALAM PEMBENTUKAN NILAI-NILAI TANGGUNG JAWAB SISWA DI MTsN KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Metode Pembelajaran Guru Fiqih Dalam Pembentukan Nilai-Nilai Tanggung Jawab Siswa di MTsN Karangrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Elvita Sari, NIM. 28141113082, pembimbing Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Guru Fiqih, Nilai-nilai Tanggung Jawab Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya tugas seorang guru yaitu menjadikan perubahan tingkah laku dan perbuatan pada siswa kearah yang lebih baik. Maka tentunya hal yang paling mendasar ditanamkan adalah nilai-nilai tanggung jawab, salah satunya melalui metode pembelajaran. Karena jika pendidikan tanggung jawab yang baik dan berhasil ajarannya berdampak pada kedisiplinan, kerendahan hati dan perilaku yang baik, baik terhadap sesama manusia, lingkungan dan yang paling pokok adalah tanggung jawab kepada Allah Swt. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana metode pembelajaran guru fiqih dalam pembentukan nilai-nilai tanggung jawab siswa di MTsN Karangrejo Tulungagung; (2) Bagaimana langkah-langkah metode pembelajaran guru fiqih dalam pembentukan nilai-nilai tanggung jawab siswa di MTsN Karangrejo Tulungagung; (3) Apa hasil metode pembelajaran guru fiqih dalam pembentukan nilai-nilai tanggung jawab siswa di MTsN Karangrejo Tulungagung. Adapun tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah (1) untuk mendeskripsikan metode pembelajaran guru fiqih dalam pembentukan nilai-nilai tanggung jawab siswa di MTsN Karangrejo Tulungagung; (2) untuk mendeskripsikan langkah-langkah metode pembelajaran guru fiqih dalam pembentukan nilai-nilai tanggung jawab siswa di MTsN Karangrejo Tulungagung; (3) untuk mendeskripsikan hasil metode pembelajaran guru fiqih dalam pembentukan nilai-nilai tanggung jawab siswa di MTsN Karangrejo Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data dengan menggunakan reduksi data, sajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi, perpanjangan kehadiran, perpanjangan teman sejawat. Hasil penelitian adalah (1) Metode pembelajaran guru fiqih dalam pembentukan nilai-nilai tanggung jawab siswa di MTsN Karangrejo Tulungagung yaitu guru menggunakan metode pembelajaran jigsaw; (2) Langkah-langkah metode pembelajaran guru Fiqih dalam pembentukan nilai-nilai tanggung jawab siswa di MTsN Karangrejo Tulungagung yaitu menggunakan beberapa metode dalam penyampaiannya antara lain dengan metode uswatun hasanah, dengan metode pembiasaan, metode ganjaran dan hukuman; (3) Hasil metode pembelajaran guru fiqih dalam pembentukan nilai-nilai tanggung jawab di MTsN Karangrejo Tulungagung yaitu siswa memiliki nilai tanggung jawab dan disiplin, baik bagi dirinya sendiri maupun nilai tanggung jawab bagi orang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: . 2811123082 ELVITA SARI
Date Deposited: 01 Nov 2016 03:08
Last Modified: 01 Nov 2016 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4018

Actions (login required)

View Item View Item