PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG

SALVA NOER SYAHBANI, 12204193152 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (635kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” ini ditulis oleh Salva Noer Syahbani, NIM. 12204193152, dibimbing oleh Dr. Musrikah, S.Pd.I.,M.Pd. Kata Kunci: Inquiry, motivasi, hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi siswa yang kurang aktif didalam pembelajaran, maka pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif adalah model pembelajaran inquiry. Pembelajaran inquiry merupakan bentuk dari pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada siswa (Student centered approach). Dikatakan demikian, sebab dalam proses pembelajaran siswa memegang peran yang sangat dominan sehingga tujuan utama melalui pembelajaran inquiry adalah menolong siswa untuk mengembangkan disiplin intelektual dan keterampilan berfikir dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan dan mendapatkan jawaban atas dasar rasa ingin tahu mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap motivasi belajar di MTs Darul Hikmah Tawangsari. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap motivasi dan hasil belajar di MTs Darul Hikmah Tawangsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung sebanyak 154 siswa. Pada penelitian ini pengambilan sampel yang digunakan adalah kelas VII-H sebanyak 27 siwa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-I sebanyak 37 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan angket, tes, dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran inquiry terhadap motivasi belajar siswa matematika kelas VII di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. 3) Terdapat pengaruh yang penerapan signifikan model pembelajaran inquiry terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204193152 SALVA NOER SYAHBANI
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:01
Last Modified: 18 Sep 2023 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40230

Actions (login required)

View Item View Item