PENERAPAN NILAI ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus PT Pambayun Retail Grup Blitar)

USWATUN NAFI'AH, 12850821047 (2023) PENERAPAN NILAI ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus PT Pambayun Retail Grup Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Penerapan Nilai Islamic Corporate Social Responsibility dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Pada PT. Pambayun Ritel Group Blitar)”, yang ditulis oleh Uwatun Nafi’ah, NIM. 12850821047 yang dibimbing oleh Dr. H. Dede Nurrohman, M.Ag dan Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata Kunci: Nilai, Islamic Corporate Social Responsibility, Kesejahteraan Masyarakat Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya perusahaan yang ada di Indonesia, yang mana dalam program bisnisnya banyak perusahaan yang tidak memperdulikan dampak yang terjadi pada sosial masyarakat sekitar. Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) merupakan bentuk tanggung jawab sosial yang berlandaskan Al-Qur’an dan Sunah sebagai upaya mensejahrakan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan nilai-nilai Islami Corporate Social Responsibility baik berdasarkan Al-Qur’an dan Hadis yang dilakukan oleh Perusahaan Pembayun Retail Group Blitar, untuk menganalisis alasan-alasan yang mendasari praktik Islamic Corporate Social Responsibility Perusahaan Pembayun Retail Group Blitar dan untuk menganalisis Penerapan Islamic Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Pambayun Retail Group dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Blitar Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan yang berjenis deskriptif. Tehnik pengumpulan data memakai wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan tehnik keabsahan data diuji dengan uji kredibilitas, transferability dan pengujian confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perusahaan Pambayun Ritel Grub telah menerapkan nilai-nilai Islamic CSR sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan. Perusahaan ini telah mengintegrasikan prinsip-prinsip Islam, seperti keadilan, kejujuran, dan perhatian terhadap kesejahteraan sosial, ke dalam kegiatan ICSR mereka. Beberapa program ICSR yang dilakukan oleh perusahaan termasuk pemberian bantuan pendidikan, bantuan kesehatan, dan program kewirausahaan untuk masyarakat setempat. Penerapan nilai Islamic CSR ini memberikan dampak positif bagi masyarakat. Melalui program-program ICSR mereka, Perusahaan Pambayun Ritel Grub telah membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat, memberikan akses kepada pendidikan dan layanan kesehatan yang lebih baik, serta mendorong pemberdayaan ekonomi. Selain itu, perusahaan juga telah berkontribusi dalam membangun hubungan yang harmonis dengan masyarakat setempat.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: S2 12850821047 Uswatun Nafi'ah
Date Deposited: 05 Oct 2023 03:27
Last Modified: 05 Oct 2023 03:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40438

Actions (login required)

View Item View Item