PENGARUH TAYANGAN FILM PENDEK “BUDI - PENDIDIKAN BUDI PEKERTI” DI YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMKN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

KUNTI ROSIDAH, 12210193093 (2023) PENGARUH TAYANGAN FILM PENDEK “BUDI - PENDIDIKAN BUDI PEKERTI” DI YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMKN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (455kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (67kB)

Abstract

Kata Kunci: tayangan film pendek Budi – Pendidikan Budi Pekerti, Youtube, menulis naskah drama Salah satu film pendek di Youtube yang menceritakan tentang anak sekolah adalah film pendek Budi – Pendidikan Budi Pekerti. Media tayangan film pendek Budi – Pendidikan Budi Pekerti di Youtube cocok jika digunakan sebagai media dalam pembelajaran karena cerita dalam film ini banyak mengandung siswaan moral. Dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kesulitan dalam menentukan ide dan mengemukakan pikiran ke dalam bentuk naskah drama, sehingga media ini dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penggunaan film pendek sebagai media dalam pembelajaran dapat memikat perhatian siswa karena media film pendek dapat membantu siswa dalam menerima pesan yang lebih jelas dan mudah dipahami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tayangan film pendek Budi - Siswaan Budi Pekerti di Youtube terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimen dan dengan model nonequivalent control group desig. Desain ini dipilih karena peneliti tidak memiliki kesempatan untuk melakukan pengacakan terhadap populasi. Pada penelitian ini populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI SMKN 1 Boyolangu Tulungagung, dengan sampel penelitian siswa kelas XI MPLB 2 dan XI MPLB 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilanjut uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test, untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel X (tayangan film pendek Budi - Pendidikan Budi Pekerti di Youtube) terhadap variabel Y (kemampuan menulis naskah drama). Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil data penelitian yang menunjukkan bahwa media tayangan film pendek Budi - Pendidikan Budi Pekerti di Youtube efektif digunakan dalam pembelajaran menulis naskah drama kelas XI di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. Hal tersebut terbukti dari nilai rata-rata pascates pada kelompok kontrol sebesar 73,65, sedangkan pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,08. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol. Selain itu, berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test diperoleh hasil nilai probabilitas (Asymp. Sig) sebesar 0,001< 0,05 (taraf signifikan), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelompok yang menggunakan media tayangan film pendek Budi - Pendidikan Budi Pekerti di Youtube dan kelompok yang tidak menggunakan media dalam pembelajaran menulis naskah drama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Naskah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: S1 12210193093 KUNTI ROSIDAH
Date Deposited: 26 Sep 2023 06:14
Last Modified: 26 Sep 2023 06:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40472

Actions (login required)

View Item View Item