SYAHNA AQIMIL LAYLIA, 12402193061 (2023) PENGARUH KUALITAS SDM, MODAL USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM DI KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (223kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (159kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Modal Usaha, dan Strategi Pemasaran terhadap Pengembangan UMKM di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Syahna Aqimil Laylia, NIM. 12402193061, Dosen Pembimbing Dr. Muhamad Aqim Adlan, M.E.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dinilai sangat penting karena mengurangi angka pengangguran, mampu menyerap tenaga kerja dan dapat menopang perekonomian banyak orang. Namun di sisi lain UMKM juga memiliki berbagai permasalahan yang dihadapi, diantaranya adalah masih rendahnya kualitas sumber daya manusianya, keterbatasan modal yang dimiliki serta kurangnya pengetahuan tentang strategi pemasaran yang digunakan. Fokus penelitian ini adalah: 1) Apakah kualitas sumber daya manusia berpengaruh signifikan terhadap pengembangan UMKM di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung? 2) Apakah modal usaha berpengaruh signifikan terhadap pengembangan UMKM di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung? 3) Apakah strategi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap pengembangan UMKM di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung? 4) Apakah kualitas sumber daya manusia, modal usaha dan strategi pemasaran secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap pengembangan UMKM di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung?. Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas sumber daya manusia terhadap pengembangan UMKM di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh modal usaha terhadap pengembangan UMKM di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. 3) Untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap pengembangan UMKM di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. 4) Untuk mengetahui secara keseluruhan antara pengaruh kualitas sumber daya manusia, modal usaha dan strategi pemasaran terhadap pengembangan UMKM di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Sedangkan untuk teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan teknik penarikan sampel yaitu simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 90 responden pelaku UMKM di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Kemudian dianalisis menggunakan uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, serta uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas sumber daya manusia, modal usaha, dan strategi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan UMKM di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Dan secara simultan atau bersama-sama ketiga variabel tersebut juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan UMKM di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Kata Kunci: Kualitas Sumber Daya Manusia, Modal Usaha, Strategi Pemasaran, Pengembangan UMKM
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 12402193042 MILATUL KHAZANAH |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 07:00 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 07:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40697 |
Actions (login required)
View Item |