PENGARUH PEMBERIAN UMPAN BALIK (FEEDBACK) TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MATERI GELOMBANG MEKANIK KELAS XI DI MA DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG

WEIKA MUCHLIS AISYAH, 12211193016 (2023) PENGARUH PEMBERIAN UMPAN BALIK (FEEDBACK) TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MATERI GELOMBANG MEKANIK KELAS XI DI MA DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul Pengaruh Pemberian Umpan Balik (Feedback) Terhadap Motivasi Dan Pemahaman Konsep Fisika Materi Gelombang Mekanik Kelas XI Di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung ditulis oleh Weika Muchlis Aisyah, NIM 12211193016, Pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci : Umpan Balik (Feedback), Motivasi, Pemahaman Konsep Masih terbatasnya metode pembelajaran yang sering digunakan oleh guru dan juga mata pelajaran fisika yang dianggap sulit mengakibatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa dirasa kurang. Sebagian besar siswa beranggapan bahwa fisika merupakan mata pelajaran yang masih dianggap sulit dipahami dan diterapkan. Hal itu mengakibatkan pemahaman siswa terhadap konsep pembelajaran fisika rendah, Penguasaan materi pelajaran masih rendah sebab konsep-konsep yang diajarkan umumnya baru didengar oleh siswa di Tingkat Aliyah. Jika semangat motivasi belajar siswa rendah akan mengakibatkan lambat atau tujuan pendidikan yang direncanakan tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemberian umpan balik (feedback) terhadap motivasi dan pemahaman konsep. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar dan tes pemahaman konsep. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, realibilitas, normalitas, homogenitas, uji-t, dan manova. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Terdapat pengaruh pembarian umpan balik (feedback) terhadap motivasi belajar siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Dibuktikan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,001 < 0,05 yang menyatakan H_0 ditolak dan H_1 diterima. (2) Terdapat pengaruh pembarian umpan balik (feedback) terhadap pemahaman konsep fisika materi gelombang mekanik di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Dibuktikan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,001 < 0,05 yang menyatakan H_0 ditolak dan H_1 diterima. (3) Terdapat pengaruh pembarian umpan balik (feedback) terhadap motivasi dan pemahaman konsep fisika materi gelombang mekanik di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Dibuktikan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,001 < 0,05 yang menyatakan H_0 ditolak dan H_1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Mahasiswa 12211193016 Weika Muchlis Aisyah
Date Deposited: 05 Oct 2023 06:24
Last Modified: 05 Oct 2023 06:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40755

Actions (login required)

View Item View Item