PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG

RINATA PUTRI YULIANA, 12211193021 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (747kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (759kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung”. Ini ditulis oleh Rinata Putri Yuliana, NIM. 12211193021, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Husni Cahyadi Kurniawan, M. Si. Kata Kunci: Discovery Learning, Motivasi, Hasil Belajar. Untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan seorang pendidik harus mampu menguasai keadaan kelas. Setiap siswa memiliki cara belajar yang berbeda-beda, dengan begitu pendidik dituntut mampu untuk menguasai berbagai model pembelajaran agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Model pembelajaran Discovery Learning diharapkan mampu membantu siswa dalam belajar IPA, sehingga motivasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap Motivasi pada materi getaran dan gelombang kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dengan jumlah 289 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen berjumlah 40 siswa dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji Independent T-test, dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkn bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap motivasi pada materi getaran dan gelombang kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari, Tulungagung. Dengan adanya pembuktian hasil uji hipotesis didapat nilai sig. (2 –tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar pada materi getaran dan gelombang kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari, Tulungagung. Dibuktikan dengan adanya hasil uji hipotesis nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap motivasi dan hasil belajar pada materi getaran dan gelombang kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari, Tulungagung. Dibuktikan dengan adanya hasil hipotesis diketahui bahwa nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: S1 12211193021 Rinata Putri Yuliana
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:40
Last Modified: 16 Oct 2023 07:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41087

Actions (login required)

View Item View Item