Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Akseptasi Pasar (Studi Multikasus di SMK Islam 2 Durenan dan SMKN 1 Pogalan Trenggalek.

Riyadu Sulaiman, 1751144021 (2016) Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Akseptasi Pasar (Studi Multikasus di SMK Islam 2 Durenan dan SMKN 1 Pogalan Trenggalek. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
1. SAMPUL dst.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BIODATA PENULIS.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Executife Summary fix.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Riyadu Sulaiman, NIM. 1751144021. 2016. Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Akseptasi Pasar (Studi Multikasus di SMK Islam 2 Durenan dan SMKN 1 Pogalan Trenggalek.” Tesis Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Program Pascasarjana (S-2) IAIN Tulungagung di bawah bimbingan oleh Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag dan Dr. Maftukhin, M.Ag. Kata Kunci: Strategi, Mutu Pendidikan, Akseptasi Pasar Penelitian dalam Tesis ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pentingnya sekolah kejuruan dalam upaya penyiapan tenaga kerja siap pakai untuk menekan tingkat pengangguran dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia, perubahan paradigma penyelengaraan pendidikan kejuruan mulai dilakukan. Perubahan paradigma tersebut terjadi pada orientasi pendidikan dan pelatihan kejuruan yang dikembangkan dari yang bersifat supply driven menjadi demand driven. Sistem pengelolaan yang mulanya bersifat sentralistik, berubah menjadi desentralistik. Pendekatan pembelajarannya pun bergeser, dari pendekatan mata pelajaran menjadi pembelajaran berbasis kompetensi. Pola penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan pun berkembang dari yang semula sangat terstruktur menjadi lebih flksibel/luwes dan permeable/terbuka. Konkretnya, pendidikan itu harus mampu menyiapkan tenaga yang terampil. Sementara itu, saat ini pendidikan nasional dihadapkan kepada masalah antara lain peningkatan kualitas, pemerataaan kesempatan, keterbatasan anggaran dan belum terpenuhi sumber daya dari masyarakat secara profesional sesuai dengan prinsip pendidikan sebagai tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan orang tua Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana formulasi strategi peningkatan mutu pendidikan dalam meningkatkan akseptasi pasar di SMK Islam 2 Durenan dan SMKN 1 Pogalan, Trenggalek? (2) Bagaimana implementasi strategi peningkatan mutu pendidikan dalam meningkatkan akseptasi pasar di SMK Islam 2 Durenan dan SMKN 1 Pogalan, Trenggalek? (3) Bagaimana implikasi strategi peningkatan mutu pendidikan dalam meningkatkan akseptasi pasar. Jenis penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah field research atau penelitian lapangan, dimana peneliti menggali dan mengumpulkan data dengan langsung turun ke lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan model analisis multi kasus, dimana peneliti mengambil setting lokasi di SMK Islam 2 Durenan dan SMKN 1 Pogalan Trenggalek. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) formulasi strategi Peningaktan mutu pendidikan pendidikan di SMK Islam 2 Durenan dan SMKN 1 Pogalan, Trenggalek dilakukan dengan perumusan visi dan misi dserta target dan tujuan kemudian merumuskan strategi yaitu peningkatan sarana prasarana, pengembangan kurikulum dan peningkatan SDM, (2) dalam tahapan implementasi strategi peningkatan mutu pendidikan dalam meningkatkan akseptasi pasar dilakukan dengan peningkatan ruang belajar dan laboratorium praktejk beserta fasilitas didalamnya, pengembangan kurikulum dengan menambah jam pelajaran untuk mata pelajaran produktif serta pengayaan materi dengan bekerja sama dengan mitra kerjaserta menyertakan SDM dalam diklat dan workshop; (3) implikasi strategi peningkatan mutu pendidikan dalam meningkatkan akseptasi pasar adalah dengan bertambahnya jumlah kemitraan dalam rangka penyerapan lulusan serta adanya peningkatan sarana prasarana hasil kerja sama dengan mitra kerja. Penelitian ini berimplikasi secara Teoritis terhadap teori yang dikemukakan Oleh Sagala dan Mulyasa yaitu mutu dalam konteks pendidikan, mencakup input, proses dan output pendidikan serta Outcome, outcome dinyatakan bermutu apabila lulusan cepat terserap di dunia kerja, dan semua pihak mengakui kehebatan lulusan dan merasa puas dengan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan serta seberapa banyak perusahaan di DU/DI yang bergabung dalam kemitraan dengan sekolah dalam rangka penyerapan lulusan tersebut, sehingga dalam konteks pendidikan, kualitas yang dimaksudkan adalah dalam konsep relatif, terutama berhubungan erat dengan kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M.Pd 1751144021 RIYADU SULAIMAN
Date Deposited: 15 Nov 2016 01:32
Last Modified: 15 Nov 2016 01:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4110

Actions (login required)

View Item View Item