KREATIVITAS SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL OPEN ENDED PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII MTsN 2 KOTA BLITAR

HIDAYATUR ROHMANA, 12204193134 (2023) KREATIVITAS SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL OPEN ENDED PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII MTsN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (566kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Soal Open Ended Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII MTsN 2 Kota Blitar” ini ditulis oleh Hidayatur Rohmana, NIM 12204193134, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatulla Tulungagung, Pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci : kreativitas, soal open ended Fenomena atau permasalahan yang sering dijumpai pada proses pembelajaran khususnya matematika adalah siswa hanya diberikan permasalahan dan penyelesaian yang sesuai dengan contoh yang diberikan guru sehingga siswa tidak diberikan kebebasan atau keterbukaan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sesuai dengan kreativitasnya. Selain itu penggunaan media pembelajaran yang tidak bervariasi mengakibatkan tidak terasahnya jiwa kreatif pada siswa. Sehingga untuk mengetahui tingkat kreativitasnya peneliti memberikan beberapa masalah dengan tipe soal open ended untuk dipecahkan atau diselesaikan siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengetahui tingkat kreativitas siswa dalam pemecahan masalah open ended pada materi Bentuk Aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah 6 siswa dari kelas VII B dengan 3 kriteria tingkat kemampuan matematika yaitu tinggi, sedang, dan rendah dengan masing – masing adalah 2 siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrumen berupa instrumen tes tertulis berupa soal open ended dan instrumen wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan wawancara. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatif dengan langkah – langkah penyajian data, reduksi data, verfikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi dikategorikan pada tingkat 3 atau kreatif. Komponen yang dipenuhi siswa pada tingkat 3 ini adalah kefasihan dan fleksibilitas serta kefasihan dan kebaharuan. Siswa dengan kemampuan matematika sedang dikategorikan pada dua tingkat yang berbeda yaitu tingkat 3 atau kreatif dan tingkat 1 atau kurang kreatif. Komponen yang dipenuhi oleh siswa pada tingkat 3 adalah kefasihan dan fleksibilitas serta siswa pada tingkat 1 adalah kefasihan. Siswa dengan kemampuan matematika rendah dikategorikan pada tingkat 1 atau kurang kreatif. Komponen yang dipenuhi siswa pada tingkat 1 adalah kefasihan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193134 HIDAYATUR ROHMANA
Date Deposited: 17 Oct 2023 02:17
Last Modified: 17 Oct 2023 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41123

Actions (login required)

View Item View Item