SHAFA QURRATU A’YUN, 12205183125 (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS IV MI NU TERPADU SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (160kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (50kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas IV MI NU Terpadu Sumbergempol” ini ditulis oleh Shafa Qurratu A’yun, NIM 12205183125, Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Ramatullah Tulungagung, pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam Peran guru dalam pembelajaran sangat berpengaruh terhadap jalannya proses pembelajaran. Terutama pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang mana didalamnya membahas masa lalu, membaca dan menghafal yang dapat mengakibatkan turunnya motivasi belajar siswa. Untuk itu, penting bagi guru untuk memahami dan menerapkan perannya dengan baik. Dalam hal ini peneliti menghubungkan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pembelajaran sejarah kebudayaan islam di MI NU Terpadu Sumbergempol. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran SKI di MI NU Terpadu Sumbergempol? 2) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran SKI di MI NU Terpadu Sumbergempol? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus untuk mengungkapkan gambaran yang mendalam tentang situasi yang terjadi di lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan tahapan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan perpanjang pengamatan, triangulasi sumber, triangulasi metode dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu Menyusun perangkat pembelajaran, penanaman karakter, menggunakan beberapa metode pembelajaran, memberikan penugasan dan penilaian. 2) Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan ice breaking dan game, memberikan kata-kata penyemangat, model penugasan yang berbeda dengan menggunakan tiket, dan memberikan pujian. 3) Peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan menyediakan fasilitas berupa media peta konsep, memfasilitasi dengan menyediakan model penugasan yang beragam, dan menempatkan diri sebagai mitra atau teman.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183125 SHAFA QURRATU A'YUN |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 02:44 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 03:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41190 |
Actions (login required)
View Item |