PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS WEB PADA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 1 TULUNGAGUNG

BINTI DWI SURYANI, 12211173052 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS WEB PADA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (643kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Berbasis Web pada Materi Fluida Dinamis untuk Peserta Didik Kelas XI di SMAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Binti Dwi Suryani, NIM 12211173052, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Web, Fluida Dinamis Sejak meningkatnya kasus terkonfirmasi positif akibat pandemi Covid-19 menyebabkan pemerintah mengeluarkan kebijakan pembelajaran dengan sistem Belajar dari Rumah (BDR) melalui 2 pendekatan, yaitu Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) daring dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) luring. Dalam pelaksanaannya, baik PJJ daring maupun luring menimbulkan permasalahan khususnya pada mata pelajaran Fisika materi Fluida Dinamis. Pembatasan jam belajar dan penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik menyebabkan minat dan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran menjadi rendah. Hal ini berdampak pada nilai hasil belajar peserta didik masih di bawah Kriteria Kelulusan Maksimal (KKM). Inovasi pada media pembelajaran merupakan salah satu solusi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas dari produk pengembangan media pembelajaran interaktif Articulate Storyline berbasis web pada materi Fluida Dinamis untuk peserta didik kelas XI di SMAN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD) dengan model ADDIE. Penelitian ini memiliki 2 tahap metode penelitian, yaitu tahap 1 dan tahap 2. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik di SMAN 1 Tulungagung. Sampel penelitian dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian meliputi observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pengembangan media pembelajaran interaktif articulate storyline berbasis web pada materi Fluida Dinamis terdiri dari proses analisis (kebutuhan, kurikulum, karakteristik peserta didik), desain (pra produksi, produksi, pasca produksi), pengembangan (validasi ahli materi dan media, validasi instrumen dan revisi tahap pertama), implementasi (uji coba tahap I terbatas, revisi tahap kedua, uji coba tahap II), dan evaluasi (penyempurnaan produk). (2) Hasil kevalidan produk pengembangan media pembelajaran menunjukkan layak digunakan sebagai media pembelajaran, dimana hasil perolehan presentase kelayakan rata-rata validasi ahli materi sebesar 90,47% dan ahli media sebesar 98,32%. (3) Hasil kepraktisan dari respon angket peserta didik diperoleh nilai 81,08%, dengan kriteria “Sangat Menarik”. (4) Hasil uji hipotesis diketahui produk media pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil Paired Sample T Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) pada kelas kontrol dan eksperimen sebesar 0,000 dan 0,000, dimana nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 menyebabkan H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil Independent Sample T Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, dimana nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211173052 Binti Dwi Suryani
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:41
Last Modified: 26 Oct 2023 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41461

Actions (login required)

View Item View Item