PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN

FATMA HIDAYATI, 12208193099 (2023) PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (973kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (643kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (321kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Outdoor Study Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan” ditulis oleh Fatma Hidayati, NIM. 12208193099, dosen pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata kunci : Hasil belajar, metode outdoor study, minat belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perubahan sistem pembelajaran setelah masa pandemi dan penggunaan metode pembelajaran konvensional yang mampu menyebabkan munculnya permasalahan berupa turunnya minat belajar dan hasil belajar siswa, sehingga guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang baru berupa metode outdoor study. Guru dapat mengajak siswa belajar di luar kelas dengan memanfaatkan lingkungan sekolah dalam menyampaikan materi pembelajaran pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan, dengan harapan mampu menarik perhatian siswa dan memudahkan siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Tujuan dalam penelitian ini (1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh metode outdoor study melalui pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan, (2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh metode outdoor study melalui pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan, (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh metode outdoor study melalui pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap minat dan hasil belajar siswa materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Kalidawir yang berjumlah 79 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 22.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh metode outdoor study melalui pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dengan sig. (2-tailed) = 0,042 < 0,05 berdasarkan hasil uji T, (2) Ada pengaruh metode outdoor study melalui pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dan sig. (2-tailed) = 0,001 < 0,05 berdasarkan hasil uji T, (3) Ada pengaruh metode outdoor study melalui pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap minat dan hasil belajar siswa materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dengan nilai signifikansi metode pada Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root sebesar 0,003 < 0,05 berdasarkan hasil uji multivariant (uji manova).

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Lingkungan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193099 Fatma Hidayati
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:47
Last Modified: 26 Oct 2023 08:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41478

Actions (login required)

View Item View Item