LARAS SEPTI CAHYANI KUSUMA, 12206193100 (2023) PENERAPAN KEGIATAN BERCERITA UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA PLUS HIDAYATULLAH KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (6MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (5MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (5MB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (5MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Kegiatan Bercerita untuk Mengembangkan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun di RA Plus Hidayatullah Kota Blitar” ini ditulis oleh Laras Septi Cahyani Kusuma, NIM 12206193100, Pembimbing Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata kunci : kegiatan bercerita, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan perkembangan literasi anak usia dini. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan literasi yang ada di Indonesia. Adanya itu kemendikbud mengeluarkan peraturan bahwasanya setiap sekolah mulai dari lembaga PAUD untuk menggiatkan GLS (Gerakan Literasi Sekolah). Kegiatan bercerita sebagai salah satu metode dalam melaksanakan program literasi yang ada di RA Plus Hidayatullah Kota Blitar. Dalam pembelajaran kegiatan bercerita untuk mengembangkan literasi yang diterapkan perlu memperhatikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi agar pembelajaran berjalan maksimal sesuai yang diharapkan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kegiatan bercerita untuk mengembangkan literasi anak usia 5-6 tahun di RA Plus Hidayatullah Kota Blitar ?, (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan bercerita untuk mengembangkan literasi anak usia 5-6 tahun di RA Plus Hidayatullah Kota Blitar?, (3) Bagaimana evaluasi kegiatan bercerita untuk mengembangkan literasi anak usia 5-6 tahun di RA Plus Hidayatullah Kota Blitar ? Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpualan data. Adapun teknik keabsahan data dengan triangulasi, perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan kegiatan bercerita : a) guru menyiapkan RPPM, RPPH, dan lembar penilaian siswa. b) menyiapkan alat peraga atau media untuk bercerita. c) menata ruang kelas. (2) Pelaksanaan kegiatan bercerita : a) pijakan lingkungan main, b) pijakan sebelum main, c) pijakan selama main, d) pijakan setelah main. (3) Evaluasi kegiatan bercerita untuk mengembangkan literasi dilakukan dengan 2 kegiatan yaitu a) melakukan tanya jawab seputar cerita, b) meminta anak untuk mengulang cerita kembali, c) melakukan penilaian dengan teknik ceklist perkembangan anak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206193100 LARAS SEPTI CAHYANI KUSUMA |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 04:10 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 04:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41707 |
Actions (login required)
View Item |