KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTS LPS BAROKAH AT-TAHDZIB PURWODADI KRAS KEDIRI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI SELF EFFICACY

DEA ANGGI NOVIANA, 12204193271 (2023) KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTS LPS BAROKAH AT-TAHDZIB PURWODADI KRAS KEDIRI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI SELF EFFICACY. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)

Abstract

ripsi dengan judul “Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII di Mts LPS Barokah at-Tahdzib Purwodadi Kras Kediri Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Self Efficacy” ini ditulis oleh Dea Anggi Noviana, NIM. 12204193271, Program Studi Tadris Matematika, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Matematis, Self-Efficacy Kemampuan pemahaman matematis menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran matematika, kemampuan pemahaman matematis Pemahaman matematis merupakan landasan untuk berfikir dalam menyelesaikan persoalan- persoalan matematika maupun persoalan di kehidupan sehari-hari, dengan pemahaman siswa akan lebih mengerti konsep matematis yang diajarkan sehingga mereka tidak lagi belajar dengan cara menghafal saja. Self-Efficacy memiliki peranan penting dalam hal pemahaman matematis. Self-Efficacy adalah keyakinan seorang individu mengenai sejauh mana dirinya mampu menyelesaikan sebuah tugas tertentu dan merencanakan suatu tindakan untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibuktikan berdasarkan hasil observasi di salah satu lembaga MTs yang ada di Kediri. Oleh karena itu, Self-Efficacy perlu dikembangkan dalam diri masing- masing siswa agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk (1) mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mempunyai tingkat self-efficacy tinggi, (2) mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mempunyai tingkat self-efficacy sedang, dan (3) mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mempunyai tingkat self-efficacy rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dari penelitian ini diambil 6 siswa kelas VIII di MTs LPS Barokah at-Tahdzib dari 20 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini, yaitu (1) siswa dengan tingkat Self-Efficacy tinggi mampu menyelesaikan masalah matematika sesuai indikator kemampuan pemahaman matematis, (2) siswa dengan tingkat Self-Efficacy sedang, mampu menyelesaikan masalah matematika tetapi masih ada indikator kemampuan pemahaman matematis yang belum tercapai, dan (3) siswa dengan tingkat Self- Efficacy rendah belum mampu menyelesaikan masalah matematika sesuai indikator kemampuan pemahaman matematis

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12211193015 Jayanti Ryan Pratiwi
Date Deposited: 16 Nov 2023 08:29
Last Modified: 16 Nov 2023 08:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41859

Actions (login required)

View Item View Item