PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS ADOBE PREMIERE PRO PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA MTs DARUSSALAM ARIYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG

REKA NURUL KUSNA, 12209183010 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS ADOBE PREMIERE PRO PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA MTs DARUSSALAM ARIYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (403kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (721kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (65kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena belum maksimalnya pembelajaran IPS karena siswa kurang tertarik memahami materi ekonomi yang tertuang dalam buku modul IPS. Untuk itu guru harus melakukan variasi dalam pelajaran IPS. Upaya ini seperti melakukan pemilihan media pembelajaran yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi yang semakin modern. Untuk itu guru harus bisa menggunakan strategi yang tepat agar tercipta pembelajaran IPS yang efektif. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan media pembelajaran video animasi. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Bagaimana langkah- langkah pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis adobe premiere pro pada materi permintaan, penawaran, pasar dan harga kelas VII MTs Darussalam Ariyojeding? (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran video animasi ditinjau dari tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pada materi permintaan, penawaran, pasar dan harga sebagai media pembelajaran yang harus dikembangkan? Penelitian ini merupakan sebuah penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk baru sesuai dengan model pengembangan Borg and Gall, pengembangan yang digunakan terdiri dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba, revisi produk, penyempurnaan produk akhir. Penelitian dilakukan di MTs Darussalam Ariyojeding dengan subjek penelitian yang diambil melalui analisis materi IPS, angket siswa, pengamatan aktivitas peserta didik, pre-test dan post-test. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara pembelajaran dengan menggunakan video animasi dan tidak menggunakan video animasi. Hasil yang diperoleh yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 78,75 dan kelas kontrol sebesar 77,89 dan diperoleh selisih nilai rata-rata yaitu 0,86. hasil dari uji validitas ahli media sebesar 65,4%, ahli materi sebesar 91,8%, dan guru mata pelajaran IPS sebesar 91%. Hasil uji kepraktisan sebesar 85 % media dikatakan praktis, hasil uji keefektifan 0.00<0.05 dan hipotesis diterima, maka media dapat dikatakan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209183010 REKA NURUL KUSNA
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:41
Last Modified: 20 Nov 2023 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41877

Actions (login required)

View Item View Item