STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA BAKPIA EKA TULUNGAGUNG

AHMAD RIFA'I, 12405193182 (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA BAKPIA EKA TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Pengembangan Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Bakpia Eka Tulungagung” ditulis oleh Ahmad Rifa’i, NIM 12405193182, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Pembimbing Dr. Qomarul Huda, M. Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengembangan usaha bakpia di Tulungagung yang notabenya kue bakpia bukan makanan khas asal kota Tulungagung, karena selama ini masyarakat menilai bahwasannya kue bakpia itu adalah makanan khas daerah Yogyakarta. Tetapi usaha yang mendirikan kue bakpia di kota Tulungagung dapat dikatakan sukses dengan pengembangan yang di lakukan. Fokus penelitian ini ialah bagaimana pencarian ide, penyaringan ide, pengujian dan pengembangan konsep, rancangan strategi pemasaran, analisis bisnis, pengembangan produk, pengujian pasar, dan komersialisasi dalam tahapan proses pengembangan produk pada usaha Bakpia Eka Tulungagung? Tujuan penelitian untuk menganalisa sebuah pengembangan produk melalui pencarian ide, penyaringan ide, pengujian dan pengembangan konsep, rancangan strategi pemasaran, analisis bisnis, pengembangan produk, pengujian pasar, dan komersialisasi dalam tahapan proses pengembangan produk usaha Bakpia Eka Tulungagung. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian lapangan. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan cara pengambilan data melalui kegiatan observasi, dokumentasi dan wawancara yang dilakukan di toko usaha Bakpia Eka Tulungagung. Hasil temuan dari penelitian ini bahwa strategi pengembangan produk dalam meningkatkan volume penjualan pada Bakpia Eka Tulungagung yaitu dengan membenahi produk yang sudah ada agar rasa pada produk dapat sesuai dengan masyarakat Tulungagung. Dalam melakukan strategi pengembangan produk usaha Bakpia Eka Tulungagung melakukan beberapa tahapan diantaranya dengan pencarian ide, penciptaan suatu ide diperoh melalui berbagai sumber yaitu mulai dari sumber internal maupun eksternal. Setelah di lakukan pencarian ide usaha Bakpia Eka melakukan pengujian dan pengembangan konsep, yang bertujuan untuk mendapatkan reaksi dari pelanggan mengenai seberapa baik sebuah ide produk baru dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Setelah melalui pengujian konsep usaha Bakpia Eka melakukan tahapan pengembangan produk dengan mengutamakan kualitas produk yang untuk di jadikan sampel, bertujuan untuk di tunjukan ke konsumen, supaya konsumen bisa menilai terkait kualitas produk,di lihat dari respon konsumen apabila baik berarti produk yang di produksi juga baik dan berkualitas, berarti produk yang buat sesuai dengan konsep awal. Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Produk, Peningkatan Volume Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Produksi
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193182 AHMAD RIFA'I
Date Deposited: 14 Nov 2023 02:48
Last Modified: 14 Nov 2023 02:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41887

Actions (login required)

View Item View Item