PERAN E-COMMERCE SHOPEE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Mida Snack Toko Oleh-Oleh Khas Trenggalek)

RIZA NUR CHAMIDA, 12405193300 (2023) PERAN E-COMMERCE SHOPEE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Mida Snack Toko Oleh-Oleh Khas Trenggalek). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (645kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran E-commerce Shopee Sebagai Media Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Mida Snack Toko Oleh-Oleh Khas Trenggalek)” yang ditulis oleh Riza Nur Chamida, NIM. 12405193300, Pembimbing Dr. Moh. Rois Abin, M.Pd.I. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa dampak pada kemajuan perdagangan online khususnya di e-commerce. Kemudahan berbelanja online membuat pola konsumtif masyarakat menjadi meningkat. Berbelanja secara online dinilai lebih efektif dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Untuk saat ini e-commerce yang paling banyak di minati pembeli yaitu shopee. Shopee berada di kuartal kedua dengan rata-rata 158 juta pengunjung web site per bulan. Oleh karena itu perlu adanya peran e-commerce shopee sebagai media pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Manfaat dalam menggunakan e-commerce shopee sebagai media pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan pada Mida Snack. (2) Kemudahan dalam menggunakan e-commerce shopee untuk meningkatkan volume penjualan pada Mida Snack. (3) Peran fitur yang ditawarkan dalam e-commerce shopee untuk meningkatkan volume penjualan pada Mida Snack. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan manfaat dalam menggunakan e-commerce shopee sebagai media pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan pada Mida Snack. 2) Untuk mendeskripsikan kemudahan dalam menggunakan e-commerce shopee untuk meningkatkan volume penjualan pada Mida Snack. 3) Untuk mendeskripsikan peran fitur yang ditawarkan dalam e-commerce shopee untuk meningkatkan volume penjualan pada Mida Snack. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang ditunjukkan untuk memahami fenomena. Sumber data penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan data observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, verifikasi atau penyimpulan. Tahap-tahap penelitian meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, dan tahap pelaporan Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Manfaat yang dirasakan toko Mida Snack dalam menggunakan shopee sebagai media pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan yaitu meningkatkan market exposure atau pangsa pasar, menurunkan biaya operasional yang dikeluarkan, melebarkan jangkauan yang lebih luas, meningkatkan costumer loyalty, dapat mengontrol manajemen toko dengan baik, akses informasi yang lebih cepat (2) Kemudahan yang dirasakan toko Mida Snack dalam menggunakan e-commerce shopee meliputi kemudahan untuk dipelajari, kemudahan yang sesuai dengan yang diinginkan konsumen, kemudahan yang meningkatkan keterampilan, kemudahan untuk berinteraksi (3) Peran fitur yang di tawarkan dalam e-commerce shopee yang dirasakan meliputi fitur gratis ongkir, fitur Cash On Demand (COD), fitur chat, fitur voucher dan cashback dan fitur shopee live. Kata kunci : e-commerce, pemasaran, shopee

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193300 RIZA NUR CHAMIDA
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:45
Last Modified: 21 Nov 2023 03:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42031

Actions (login required)

View Item View Item