AFRINA PUTRIANI, 12850121001 (2023) PEMBINAAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Multi Situs di MTsN 1 Pare dan MTs Ma’arif Pare). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (128kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (182kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) | Preview |
Abstract
Tesis dengan judul “Pembinaan Kompetensi Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Multi Situs di MTsN 1 Pare dan MTs Ma’arif Pare)” ini ditulis oleh Afrina Putriani dengan dibimbing oleh Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I dan Prof. Dr. H. Abdul Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Pembinaan Kompetensi, Kinerja Guru Kepala madrasah merupakan motor penggerak penentu arah kebijakan menuju keberhasilan madrasah. Motivasi dan pembinaan kepala madrasah diperlukan untuk meningkatkan kompetensi guru. Menurut Undang-Undang Guru dan Dosen serta PP No. 19 Tahun 2005 menyatakan bahwa kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik/metodologis, profesionalisme, sosial dan kepribadian. Mengembangkan dan meningkatkan kompetensi guru dapat dilakukan melalui pembinaan. Kepala madrasah sebagai pembina berkewajiban memberikan bantuan, pembinaan, pelatihan dan dukungan untuk meningkatkan kemampuan guru. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pendekatan pembinaan kompetensi sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 1 Pare dan MTs Ma’arif Pare, bagaimana teknik pembinaan kompetensi sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 1 Pare dan MTs Ma’arif Pare, dan bagaimana evaluasi pembinaan kompetensi sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 1 Pare dan MTs Ma’arif Pare. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan multisitus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan analisis data situs tunggal (kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan), Pengecekan keabsahan data meliputi, uji kredibilitas (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reabilitas), dan confirmability (obyektivitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan pembinaan kompetensi yang digunakan dalam meningkatkan kinerja guru berupa pendekatan langsung dan tidak langsung, 2) teknik pembinaan yang digunakan untuk meningkatkan kinerja guru menggunakan teknik individu dan kelompok. Pembinaan dan pelatihan di dasarkan pada program sekolah dan KEMENAG, 3). Evaluasi pembinaan yang laksanakan untuk meningkatkan kinerja guru berupa evaluasi individu dan kelompok.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12850121001 AFRINA PUTRIANI |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 04:24 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 04:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42111 |
Actions (login required)
View Item |