OCTAVIA DWI NINGSIH, 12204193215 (2023) TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPERASI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NGUNUT. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (577kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (798kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (341kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Operasi Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Kemampuan Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut” yang ditulis oleh Octavia Dwi Ningsih NIM. 12204193215, pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Aljabar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa peserta didik yang masih menganggap matematika itu sulit dan membosankan sehingga nilai yang mereka peroleh masih di bawah rata-rata. Hal tersebut dikarenakan kurangnya kreativitas mereka saat menyelesaikan suatu persoalan. Seperti yang diketahui bahwa matematika memiliki berbagai bentuk soal yang berbeda-beda. Maka dari itu, peserta didik harus memiliki kemampuan berpikir kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif siswa yang berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah operasi bentuk aljabar; 2) Untuk mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif siswa yang berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah operasi bentuk aljabar; 3) Untuk mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif siswa yang berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah operasi bentuk aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Deskriptif adalah penelitian yang mendiskripsikan suatu objek atau subjek yang diteliti secara mendalam. Data yang digunakan adalah data hasil tes dan wawancara. Sedangkan peneliti memilih nilai dari 36 siswa yang kemudian 6 diantaranya akan dibagi berdasarkan kemampuan matmatika siswa yaitu 2 mewakili siswa yang berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa yang berkemampuan matematika sedang, dan 2 siswa yang berkemampuan matematika rendah. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil tes dan wawancara menunjukkan bahwa: 1) siswa yang berkemampuan matematika tinggi memiliki tingkat berpikir kreatif 3 dan tingkat 4; 2) siswa yang berkemampuan matematika sedang memiliki kemampuan berpikir tingkat 3 dan tingkat 4; 3) siswa yang berkemampuan matematika rendah memiliki tingkat berpikir yaitu 1 dan 0.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aljabar Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193215 OCTAVIA DWI NINGSIH |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 06:07 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 06:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42150 |
Actions (login required)
View Item |