ALFINA SHUNTSIQOH, 12209183048 (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA DALAM PENYELESAIAN TUGAS MATA PELAJARAN IPS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (290kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (765kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (930kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (415kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah apakah metode pembelajaran Self Organized Learning Environments dapat meningkatkan kerja sama dalam menyelesaikan tugas mata pelajaran IPS peserta didik SMP Muallimin Wonodadi Blitar?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran Self Organized Learning Environments untuk meningkatkan kerja sama dalam penyelesaian tugas mata pelajaran IPS peserta didik SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dan pada setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII A SMP Muallimin Wonodadi Blitar dengan jumlah 30 peserta didik. Sedangkan pengambilan objek dalam penelitian ini mencakup proses dan hasil. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan dari sebelum tindakan hanya mencapai 44% yang berada pada rentang 30-49% dengan kategori Kurang. Siklus I meningkat menjadi 71,3% yang berada pada rentang 70-89% dengan kategori Baik. Pada siklus II meningkat menjadi 90% yang berada pada rentang 90-100% dengan kategori Sangat Baik. Dengan demikian, penelitian ini dapat dikatakan berhasil apabila telah mencapai kategori Sangat Baik. Maka, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran Self Organized Learning Environments dapat meningkatkan kemampuan kerja sama dalam penyelesaian tugas mata pelajaran IPS peserta didik kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209183048 ALFINA SHUNTSIQOH |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 01:35 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 01:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42270 |
Actions (login required)
View Item |