RONI HARSOYO, 12601195020 (2023) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM INTEGRATIF BERWAWASAN INTERNASIONAL (Studi Multi Kasus di SMP Al-Firdaus Sukoharjo Jawa Tengah dan MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo Jawa Timur). [ Disertasi ]
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (852kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (877kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (335kB) |
Abstract
Pendidikan Islam saat ini dihadapkan dengan berbagai tantangan yang cukup berat diantaranya adalah fenomena mencuatnya resesi moral di kalangan pelajar yang semakin menggejala. Di tambah dengan dampak negatif era Revolusi Industri 4.0 dengan digitalisasinya yang menjadikan orang semakin mudah mengakses informasi yang tidak diperlukan bahkan merusak tatanan nilai atau moral. Selain itu, mutu pendidikan di Indonesia masih belum menggembirakan (penilaian PISA 2018) yang dinilai tidak mampu menyiapkan anak siap berkompetensi secara internasional karena tidak memiliki kurikulum yang fokus pada pengembangan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri global. Lembaga pendidikan Islam harus memiliki format kurikulum baru yang mengedepankan pembentukan akhlaq mulia, intelektual dan kecakapan keterampilan untuk menjawab tantangan di atas. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan merumuskan dasar perencanaan, proses, dan hasil pengembangan kurikulum integratif berwawasan internasional. Penelitian dilakukan di SMP Al-Firdaus Sukoharjo Jawa Tengah dan MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo Jawa Timur dengan pendekatan fenomenologis dan rancangan multi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi non partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis kasus tunggal model interaktif dan lintas kasus Robert K. Yin. Hasil penelitian: 1) Dasar perencanaan pengembangan kurikulum integratif berwawasan internasional meliputi dasar religious, filosofis psikologis, pedagogis, sosial-budaya, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; 2) Proses pengembangan diklasifikasikan menjadi dua: a) proses integrasi di pertengahan meliputi studi banding kurikulum, riset penerimaan kurikulum, penyesuaian kurikulum, implementasi kurikulum pada pembelajaran, evaluasi kurikulum, serta pemantapan dan review kurikulum; dan b) proses integrasinya di awal meliputi studi banding kurikulum, penyesuaian kurikulum, implementasi kurikulum pada pembelajaran, evaluasi kurikulum, serta review kurikulum; dan 3) Hasil pengembangan meliputi: a) tujuan pembelajaran (self-learning goals development dengan proses adopsi dan adaptif); b) isi/materi pembelajaran (Inter Disciplinary Unit, adopsi dan adaptif, materi holistk, materi esensial; c) proses pembelajaran (pendekatan interdisipliner, student centered learning, problem based learning-HOTS, visible thinking tools, bilingual); dan d) evaluasi pembelajaran (tes: daily test, AH1 & AH2, PAS/T, CISPT, Check Point dan non tes: penilaian proses, project, exhibition).
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12601195020 RONI HARSOYO |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:01 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42474 |
Actions (login required)
View Item |