PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII MTs PSM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

MUHAMMAD RUSDA MAULANA, 12211193043 (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII MTs PSM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (785kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (808kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran berpusat pada guru serta kurangnya komunikasi berkelanjutan antara guru dengan siswa dalam pembelajaran, yang mengakibatkan proses pembelajaran menjadi kurang menyenangkan sehingga siswa menjadi kurang tertarik dan bosan. Dimana hal ini akan menimbulkan kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran didalam kelas dan akan menimbulkan menurunya hasil belajar siswa atau bahwa menjadikan nilai siswa menjadi kurang bagus atau dibawah KKM. Berdasarkan hal ini diperlukannya metode pembelajaran yang bisa menumbuhkan minat siswa yaitu dengan metode yang menyenangkan dengan melibatkan siswa secara aktif didalam proses pembelajarannya. Yakni dengan menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning dimana dalam metode ini mengankan pembelajaran yang aktif, efektif, asik dan menyenangkan dengan memanfaatkan faktor internal dan eksternal siswa dalam penerapannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Quantum Learning terhadap minat belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTSs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTSs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Quantum Learning terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTSs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan desain nonequivalent control group design. Adapun populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VIII MTs PSM Tanen Rejotangan Tulunagung berjumlah 100 siswa dengan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 26 siswa dan VIII B sebagai kelas kontrol 26 siswa. Instrumen dalam penelitian ini mengunakan angket dan tes (Posttest only). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunaan tes, angket dan dokumentasi. Untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji T dan MANOVA, dengan sebelum diujikan akan diuji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas terlebih dahulu. Hasil dalam penelitian ini didapatkan adanya (1) Ada pengaruh metode pembelajaran Quantum Learning terhadap minat belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTSs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung. Berdasarkan hasil perhitungan nilai Sig. (2-tailed) 0,000, sehingga jika milai seig. < 0,05, maka ditolak. Maka jika nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Dengan ditolak dan diterima. (2) Ada pengaruh metode pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTSs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung. Berdasarkan perhitungan nilai Sig. (2-tailed) 0,000, sehingga jika milai seig. < 0,05, maka ditolak. Maka jika nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Dengan ditolak dan diterima. (3) Ada pengaruh metode pembelajaran Quantum Learning terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTSs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung. Berdasarkan perhitungan nilai dengan uji MANOVA didapatkan pada tabel Multivariate Test. Sehingga dapat diketahui bahwa F untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root memiliki nilai Sig. 0,000 < 0,05. Artinya, nilai F untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root semuanya signifikan, maka ditolak dan diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193043 MUHAMMAD RUSDA MAULANA
Date Deposited: 14 Dec 2023 01:41
Last Modified: 14 Dec 2023 01:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42534

Actions (login required)

View Item View Item