RENUNG DYAH SANTIASIH, 12208193050 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INTERAKSI ANTARA KOMPONEN PENYUSUN SUATU EKOSISTEM KELAS 7 DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (792kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (334kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (263kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (286kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Quided Inquiry) Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Interaksi Antara Komponen Penyusun Suatu Ekosistem Kelas 7 Di MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Renung Dyah Santiasih, NIM. 12208193050, Pembimbing Bapak Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci : Model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) , aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa . Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya berbagai kendala dalam pelaksanaan proses pembelajaran secara daring selama pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran berjalan kurang efektif sehingga berdampak pada rendahnya ketercapaian kompetensi siswa yang mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA di MTsN 2 Tulungagung, selama pandemi Covid-19 MTsN 2 Tulungagung melaksanakan pembelajaran secara daring dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa dalam pelaksanaan proses pembelajaran secara daring memiliki sejumlah kendala yang menjadikan pembelajaran menjadi tidak efektif sehingga berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, peneliti berusaha untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dalam proses pembelajaran di kelas yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri (guided inquiry) dalam kurikulum merdeka belajar terhadap aktivitas belajar siswa pada materi interaksi antara komponen penyusun suatu ekosistem kelas 7 di MTsN 2 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri (guided inquiry) dalam kurikulum merdeka belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi interaksi antara komponen penyusun suatu ekosistem kelas 7 di MTsN 2 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri (guided inquiry) dalam kurikulum merdeka belajar terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi interaksi antara komponen penyusun suatu ekosistem kelas 7 di MTsN 2 Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian Quasy Eksperimental Design dengan The Post Test Only Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-F (kelas eksperimen) dan kelas VII-G (kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan teknik tes menggunakan soal pilihan ganda berjumlah 25. Analisis data menggunakan Uji T dan Uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dalam kurikulum merdeka belajar terhadap aktivitas belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil Uji T menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,033, yaitu ≤ 0,05. (2) Ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dalam kurikulum merdeka belajar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil Uji T menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,034, yaitu ≤ 0,05. (3) Ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dalam kurikulum merdeka belajar terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil Uji Manova menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,021, yaitu yaitu ≤ 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Ekosistem Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208193050 RENUNG DYAH SANTIASIH |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 07:11 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 07:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42655 |
Actions (login required)
View Item |